View Full Version
Ahad, 21 Apr 2019

Pihak Berwenang Sudan Tahan Anggota Partai Presiden Terguling Omar Al-Bashir

KHARTOUM, SUDAN (voa-islam.com) - Pihak berwenang Sudan telah menangkap beberapa anggota partai berkuasa mantan Presiden Omar al-Bashir, seorang pejabat Partai Kongres Nasional (NCP) Bashir mengatakan pada hari Sabtu (20/4/2019).

Jaksa Agung Sudan juga meminta badan intelijen dan keamanan nasional negara itu untuk mencabut kekebalan sejumlah perwira mereka yang diduga membunuh seorang guru yang tewas dalam tahanan setelah protes pada Februari, kata kantor berita negara, SUNA.

Langkah-langkah itu tampaknya menjadi bagian dari tindakan keras yang meluas terhadap para pejabat dari pemerintahan Bashir yang dimaksudkan untuk menenangkan para pengunjuk rasa yang menginginkan Dewan Militer, yang mengambil alih setelah menggulingkan Bashir, untuk menyerahkan kekuasaan kepada warga sipil.

Jaksa Agung Al-Walid Sayed Ahmed juga memerintahkan pembentukan komite untuk mengawasi investigasi kejahatan yang melibatkan dana publik, korupsi dan kasus-kasus kriminal yang berkaitan dengan peristiwa baru-baru ini, kata SUNA, mengutip pernyataan dari kantornya.

Tiga puluh sembilan pengunjuk rasa telah terbunuh sejak protes meletus pada bulan Desember, menurut angka resmi. Beberapa kelompok oposisi mengatakan sebanyak 60 orang tewas.

Guru yang ditangkap setelah protes meninggal karena luka-luka yang disebabkan oleh "benda padat", menurut laporan medis yang dikutip oleh kepala komite penyelidikan negara.

Seorang kepala polisi daerah pada awalnya mengatakan keracunan makanan telah menyebabkan kematian guru itu, yang memicu protes besar pada saat itu.

Jaksa penuntut umum Sudan telah mulai menyelidiki Bashir dengan tuduhan pencucian uang dan kepemilikan sejumlah besar mata uang asing tanpa dasar hukum, kata sebuah sumber pengadilan sebelumnya, Sabtu.

Sumber itu mengatakan bahwa intelijen militer telah menggeledah rumah Bashir dan menemukan koper-koper memuat lebih dari $ 351.000 dan enam juta euro, serta lima juta pound Sudan.

"Kepala jaksa penuntut umum ... memerintahkan (mantan) presiden ditahan dan dengan cepat menginterogasi dalam persiapan untuk membawanya ke pengadilan," kata seorang sumber pengadilan kepada Reuters.

"Penuntutan publik akan menanyai mantan presiden di penjara Kobar," tambah sumber itu. Bashir belum ditanyai, kata sumber itu. Dua saudara lelakinya juga ditahan atas tuduhan korupsi, kata sumber itu.

Kerabat tidak dapat segera dihubungi pada hari Sabtu untuk berkomentar tentang penyelidikan.

Secara terpisah, sebuah sumber di NCP Bashir mengatakan bahwa pihak berwenang menangkap pejabat pelaksana ketua partai Ahmed Haroun, mantan wakil presiden pertama Ali Osman Taha, mantan pembantu Bashir Awad al-Jaz, sekretaris jenderal gerakan Islam Al-Zubair Ahmed Hassan dan mantan pembicara parlemen. Ahmed Ibrahim al-Taher.

Sumber itu juga mengatakan pembicara parlemen Ibrahim Ahmed Omar dan pembantu presiden Nafie Ali Nafie berada di bawah tahanan rumah. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version