View Full Version
Senin, 22 Apr 2019

Liga Arab Janjikan 100 Juta USD untuk Otoritas Palestina Setiap Bulan

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Liga Arab telah berjanji untuk membayar $ 100 juta per bulan kepada Otoritas Palestina untuk menutup kesenjangan ketika Israel memblokir transfer pajak awal tahun ini.

"Kami mengkonfirmasi bahwa negara-negara Arab akan mendukung anggaran negara Palestina ... (untuk) melawan tekanan politik dan keuangan yang dihadapinya," kata Liga Ahad (21/4/2019) setelah pertemuan di Kairo.

Israel mengumpulkan pajak atas nama PA, tetapi menahan $ 138 juta dalam transfer pada bulan Februari atas pembayaran Palestina kepada tahanan politik yang dipenjara karena serangan terhadap Israel.

Langkah Liga Arab dilakukan ketika pemerintahan Trump bersiap untuk mengungkap "Kesepakatan Abad" yang banyak dipuji untuk perdamaian antara Palestina dan Israel dalam beberapa bulan mendatang.

Kepemimpinan Palestina, yang telah memboikot Washington atas serangkaian langkah termasuk mengakui kota Yerusalem yang disengketakan sebagai ibukota Israel, mengatakan mereka tidak dapat lagi mempercayai Amerika Serikat sebagai broker.

Liga Arab mengatakan kesepakatan itu "tidak akan berhasil mencapai perdamaian jangka panjang dan komprehensif di Timur Tengah".

Rencana perdamaian sedang dikembangkan oleh menantu Trump, Jared Kushner, yang hubungan dekatnya dengan Perdana Menteri Israel sayap kanan Benjamin Netanyahu telah meningkatkan kecurigaan Palestina. (st/AFP)


latestnews

View Full Version