View Full Version
Rabu, 24 Apr 2019

Menantu Donald Trump Sebut 'Kesepakatan Abad Ini' Akan Dipresentasikan Akhir Ramadhan

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Menantu Presiden AS Donald Trump Jared Kushner mengumumkan pada hari Selasa (23/4/2019) bahwa ia akan mempresentasikan rencana perdamaian Timur Tengah yang telah lama ditunggu-tunggu setelah bulan suci Ramadhan berakhir pada awal Juni.

Kushner, berbicara di forum majalah Time, mengatakan dia berharap untuk menawarkan proposal tersebut akhir tahun lalu tetapi Perdana Menteri Israel Binyamin Netanyahu kemudian mengadakan pemilihan dan masih membutuhkan waktu untuk membentuk koalisi.

"Setelah selesai kita mungkin akan berada di tengah Ramadhan, jadi kita akan menunggu sampai setelah Ramadhan dan kemudian kita akan mengeluarkan rencana kita," kata Kushner, penasihat senior Trump.

Apa yang disebut Trump "Kesepakatan Abad Ini" berusaha untuk menemukan solusi bagi konflik Israel-Palestina, tetapi sebagian besar percaya itu akan sangat menguntungkan Israel dengan laporan yang belum dikonfirmasi menunjukkan bahwa itu tidak akan mencakup negara Palestina merdeka.

Trump telah mendorong kebijakan garis keras yang menguntungkan Israel. Mei lalu, Trump mengakui kota Yerusalem yang terbagi sebagai ibukota Israel - sesuatu yang dikutuk oleh sebagian besar negara di dunia - sementara ia juga mengakui klaim ilegal Israel atas wilayah Dataran Tinggi Golan Suriah.

Kushner terus mendorong maju dengan rencana itu, melakukan perjalanan melintasi Timur Tengah untuk mengumpulkan dukungan untuk fitur-fitur utama dari kesepakatan itu.

Dia memiliki hubungan dekat dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS) dan penguasa de-facto Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed al-Nahyan, yang telah mendorong kedua negara mereka lebih dekat ke Israel. (st/TNA)


latestnews

View Full Version