View Full Version
Senin, 29 Apr 2019

Pasukan Libya Pukul Mundur Milisi Haftar dalam Pertempuran Rumah ke Rumah di Tripoli

TRIPOLI, LIBYA (voa-islam.com) - Pasukan yang mendukung pemerintah Libya yang diakui secara internasional terlibat dalam pertempuran dari rumah ke rumah dengan pasukan yang setia kepada komandan pemberontak Khalifa Haftar di bagian selatan ibukota Tripoli pada hari Ahad (28/4/2019) dan tampaknya untuk mendapatkan tanah, lapor Reuters.

Tentara pemerintah, sebagian mengenakan jeans dan t-shirt, berlindung oleh bangunan yang ditinggalkan ketika mereka menembaki posisi Haftar. Beberapa membawa senjata anti-pesawat yang harus mereka keluarkan dari truk mereka untuk melewati jalan-jalan sempit.

Tentara Nasional Libya (LNA) gadungan pimpinan Haftar, yang bersekutu dengan pemerintahan saingan di Libya timur, melakukan serangan ke Tripoli tiga pekan lalu tetapi telah gagal menembus pertahanan di selatan kota meskipun pertempuran berat.

Pertempuran untuk ibukota telah menghancurkan upaya yang didukung PBB untuk kesepakatan damai antara faksi-faksi yang berseteru dan mengancam akan mengganggu lebih jauh industri minyak Libya.

Dua operasi timur perusahaan minyak negara NOC - yang di masa lalu membuat pernyataan luas mendukung Haftar - pada hari Ahad untuk pertama kalinya secara khusus mengatakan mereka mendukung ofensifnya. NOC secara keseluruhan berusaha menghindari konflik.

Sebuah tim Reuters yang mengunjungi lingkungan selatan Ain Zara pada hari Ahad memperkirakan pasukan Tripoli telah mendapatkan hingga 1.500 meter dibandingkan dengan kedatangan beberapa hari sebelumnya.

Bagian lain garis depan tampak tidak berubah dan situasinya tetap lancar. Kedua belah pihak telah memperoleh dan kehilangan wilayah dalam beberapa hari atau bahkan beberapa jam selama pertempuran.

“Kami mengalami kemajuan. Kami sekarang dalam tahap mengusir musuh dari ibukota, ”Salah Badi, seorang komandan dari kota Misrata di barat yang memerangi LNA, mengklaim kepada Reuters.

Peran komandan seperti Badi telah memperumit situasi, kata diplomat. Dewan Keamanan PBB dan Departemen Keuangan AS tahun lalu mengeluarkan pembekuan aset dan larangan perjalanan terhadap Badi karena keterlibatannya dalam serangan September 2017 terhadap pasukan yang bersekutu dengan pemerintah Tripoli yang memicu berminggu-minggu pertempuran.

Mantan musuh sekarang bersatu untuk melawan LNA tetapi pasukan yang setia kepada Haftar mengklaim pemerintah Tripoli dikendalikan oleh "milisi teroris" yang mereka perjuangkan untuk diusir.

Pendukung Tripoli menuduh Haftar, mantan jenderal di bawah Muammar khadafi melakukan perebutan kekuasaan dengan dukungan asing.

Negara Afrika Utara itu telah dalam keadaan kacau sejak Khadafi ditumbangkan pada 2011 dengan intervensi Barat. Gejolak terbaru mengancam akan meninggalkan kekosongan kekuasaan yang bisa dieksploitasi oleh jihadis. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version