View Full Version
Senin, 29 Apr 2019

Mufti Besar Libya Shadiq Al-Ghariani Serukan Umat Islam Boikot Haji dan Umroh ke Arab Saudi

TRIPOLI, LIBYA (voa-islam.com) - Mufti besar Libya telah menyerukan umat Islam untuk memboikot perjalanan ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji dan umroh.

Sadiq al-Ghariani - mufti besar Libya - hampir saja, bagaimanapun, mengatakan kepada Muslim untuk berhenti ziarah sama sekali.

Sementara Muslim yang mampu diminta untuk naik haji sekali seumur hidup mereka, Ghariani mengatakan bahwa siapa pun yang pergi haji kedua atau umroh, akan melakukan "tindakan dosa daripada perbuatan baik ".

Alasan fatwa Ghariani adalah uang yang dibayarkan ke Arab Saudi untuk pergi untuk beribadah haji atau umroh akan "membantu penguasa Arab Saudi untuk melakukan kejahatan terhadap sesama Muslim kami", katanya dalam pidato yang disiarkan televisi di Ean Libya.

Biaya pergi haji bisa mencapai ribuan dolar tergantung pada kebangsaan jemaah haji.

Sementara visa umrah jauh lebih sedikit dibandingkan dengan untuk haji, uang yang dihabiskan oleh para jamaah saat tinggal di Mekah untuk naik haji secara historis merupakan pendapatan terbesar kota tersebut.

Meskipun penemuan minyak sejak itu telah menggusur pentingnya dolar peziarah, Haji dan Umrah merupakan 20% dari PDB Arab Saudi terkait non-minyak.

"Tidak ada tempat di dunia yang belum dilemparkan oleh Arab Saudi," kata sang mufti, meskipun ia secara eksplisit menyebutkan bahwa uang yang diberikan kepada Arab Saudi akan berkontribusi pada "pembantaian" Muslim di Yaman, Libya, Sudan, Tunisia, dan Aljazair.

Arab Saudi adalah kepala koalisi internasional yang memimpin perang melawan Yaman.

Di samping Uni Emirat Arab, negara itu juga merupakan sekutu penting Jenderal Khalifa Haftar, yang awal bulan ini memulai serangan terhadap pemerintah Libya yang diakui PBB di Tripoli.

Ghariani mengeluarkan fatwa yang menyerukan jihad terhadap mantan diktator Libya Muammar Khadafi pada 2011 sebelum diangkat sebagai mufti besar Libya pada tahun berikutnya oleh Dewan Transisi Nasional.

Mufti agung itu telah membuat penentangannya terhadap Haftar terkenal.

"Rakyat Libya harus melawan dan berperang melawan pasukan Haftar di Tripoli agar tidak melihat kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan di Derna dan Benghazi," Ghariani mengatakan kepada Al-Jazeera Mubasher awal bulan ini.

Dia juga menyerukan jihad di Prancis dan UEA sebagai tanggapan atas dugaan mereka mendukung Haftar dalam kampanyenya untuk merebut kota Derna dari kontrol Dewan Syura Muhajidin Derna.

Ghariani telah menjadi kontroversial sejak penunjukannya sebagai grand mufti.

Dikenal karena dukungannya untuk kelompok politik dan militan Islam, Ghariani juga membuat fatwa berusaha untuk menegakkan kesetiaan warga Libya kepada kelompok-kelompok itu.

Dia juga mengeluarkan fatwa pada 2013 yang melarang wanita Libya menikahi pria asing. (st/TNA)


latestnews

View Full Version