View Full Version
Selasa, 30 Apr 2019

Syaikh Al-Baghdadi Masih Hidup, Tetap Pimpin IS dalam Video Penampilan Pertamanya dalam 5 Tahun

IRAK/SURIAH (voa-islam.com) - Rusia mengatakan dia mungkin sudah mati dan Irak mengklaim dia terluka dan dalam pelarian. Tetapi pada hari Senin (29/4/2019) pemimpin rahasia kelompok Islamic State (IS), Syaikh Abu Bakar al-Baghdadi, tampak sangat hidup dalam penampilan video pertamanya dalam lima tahun.

Pesan propaganda yang direkam selama sekitar 18 menit, yang datang pada saat Islamic State kehilangan tempat yang berharga di Suriah dan Irak, menunjukkan bahwa Al-Baghdadi duduk di antara para pejuang IS lainnya, yang wajahnya buram. Di dalamnya, ia mengakui hilangnya wilayah sementara juga merayakan serangan mengerikan di Sri Lanka yang menewaskan 253 orang pada Minggu Paskah. Pernyataan itu menyarankan video tersebut direkam baru-baru ini.

Baghdadi tidak terdengar sejak Agustus, ketika kelompok Islamic State merilis rekaman pidato yang seharusnya dia sampaikan. Dia belum pernah terlihat di kamera sejak 2014, ketika dia mengumumkan berdirinya khilafah yang mengangkangi sebagian besar Irak dan Suriah di Masjid Agung di Mosul.

IS kehilangan benteng terakhirnya - kota Baghouz Suriah - pada bulan Maret, yang menyebabkan beberapa di antaranya, termasuk Presiden Donald Trump, menyatakan kelompok itu dikalahkan. Tetapi bahkan dengan jatuhnya kekhalifahannya, kelompok itu tetap menjadi ancaman di dalam kawasan dan di luar negeri.

Ini terbukti pekan lalu, ketika Islamic State memuji serangan bom di Sri Lanka yang pertama kali dikaitkan dengan kelompok militan yang kurang dikenal, National Taweed Jamath. Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena mengatakan kepada CNN Senin bahwa pelaku bom jibaku yang terlibat dalam serangan itu memiliki hubungan yang "sangat jelas" dengan IS.

Syaikh Al-Baghdadi secara khusus mengutip kejatuhan Baghuz dalam video yang dirilis Senin, dan mengatakan serangan itu sebagai pembalasan atas kehilangan tanah mereka. Dia mengatakan kelompok itu sekarang akan menempa "pertempuran dengan siasat menghabiskan tenaga dan kekuatan lawan."

"Sejujurnya, pertempuran Islam dan rakyatnya dengan tentara salib dan rakyatnya adalah pertempuran yang panjang, dan pertempuran Baghuz selesai dan dimanifestasikan di dalamnya adalah kebrutalan dan kebiadaban bangsa salib terhadap bangsa Islam," Al-Baghdadi mengatakan dalam video tersebut, menurut terjemahan dari New York Times. "Pada saat yang sama, itu menunjukkan dan memanifestasikan keberanian, ketabahan dan kegigihan bangsa Islam."

Syaikh Al-Baghdadi juga mengatakan dia menerima klaim kesetiaan dari kelompok-kelompok pejuang di Burkina Faso dan Mali, menurut BBC.

Tidak dapat dikatakan dengan pasti bahwa pria dalam video itu adalah Baghdadi, terlepas dari klaim kelompok itu. Pria dalam video itu berjanggut lebih banyak daripada Al-Bagdadi yang terakhir dilihat dengan kemenangan saat mengumumkan kekhalifahan di depan kamera lima tahun lalu. Juga tidak jelas kapan video itu direkam, meskipun Islamic State mengklaim itu diambil pada bulan April dan Baghdadi dapat terdengar memuji serangan Sri Lanka, yang terjadi hanya seminggu yang lalu. (st/VN)


latestnews

View Full Version