View Full Version
Selasa, 30 Apr 2019

Black Water Berencana Kirim Pasukan ke Venezuela untuk Gulingkan Maduro

WASHINGTON (voa-islam.com) - Perusahaan keamanan swasta AS Blackwater dilaporkan telah melobi pemerintahan Presiden Donald Trump serta tokoh-tokoh oposisi Venezuela untuk melakukan misi rahasia dalam upaya menggulingkan presiden negara Amerika Latin itu, Nicolas Maduro.

Laporan eksklusif oleh Reuters pada hari Selasa ini (30/4/2019), mengutip empat sumber yang tidak disebutkan namanya, mengungkapkan bahwa Erik Prince, pendiri perusahaan keamanan swasta yang kontroversial itu, yang juga merupakan pendukung Trump, telah menawarkan diri untuk mengerahkan pasukannya ke negara Amerika Selatan untuk menggulingkan Maduro.

Menurut laporan itu, Prince berupaya mencari investasi dan dukungan politik untuk rencananya tersebut dari para pendukung Trump yang berpengaruh dan warga negara kaya Venezuela yang telah lama tinggal di pengasingan.

Sumber itu mengatakan dia telah meminta sedikitnya $ 40 juta dana ditambah sejumlah miliaran dolar yang dimiliki Venezuela dalam aset beku di seluruh dunia.

Dalam pertemuan pribadinya, yang membentang dari Amerika Serikat ke beberapa negara Eropa, Prince telah menetapkan rencana untuk merekrut hingga 5.000 tentara bayaran atas nama pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido, yang telah menantang Maduro sejak Januari dengan menyatakan dirinya sebagai presiden.

Sumber-sumber yang memiliki informasi langsung tentang rencana Parince mengatakan bahwa langkah pertama dengan operasi intelijen dan dilanjutkan dengan mengerahkan ke 4.000 hingga 5.000 pasukan dari Kolombia dan negara-negara Amerika Latin lainnya untuk melaksanakan misi ini.

Upaya itu masih berlangsung karena satu sumber mengatakan Prince telah mengadakan pertemuan baru-baru ini pada pertengahan April.[fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version