View Full Version
Rabu, 01 May 2019

Putaran Baru Perundingan Damai antara Taliban dan AS Kembali Dimulai di Qatar

DOHA, QATAR (voa-islam.com) - Putaran baru perundingan perdamaian antara Taliban dan AS dimulai Rabu (1/5/2019) di Qatar, seorang pejabat Taliban mengatakan.

Juru bicara Taliban Zabiullah Mujahid mengatakan kepada AFP bahwa "perundingan keenam antara Emirat Islam Afghanistan (Taliban) dan AS akan dimulai di Doha hari ini".

Sementara kedutaan besar AS di Kabul tidak segera berkomentar, Departemen Luar Negeri AS telah mengatakan utusan perdamaiannya Zalmay Khalilzad akan mengunjungi Doha, ibukota Qatar, bulan ini untuk bertemu dengan Taliban.

Kedua belah pihak telah bertemu berulang kali untuk membahas kerangka kerja untuk perjanjian perdamaian akhirnya, di mana Taliban akan berjanji untuk menghentikan Afghanistan dijadikan sebagai tempat untuk peluncuan serangan di Barat dengan imbalan penarikan pasukan asing.

Sejauh ini tidak ada pembicaraan yang melibatkan pemerintah Afghanistan, yang dipandang Taliban sebagai rezim boneka.

Khalilzad pergi ke Moskow pekan lalu, di mana Rusia dan Cina menyuarakan dukungan untuk rencana AS untuk perjanjian damai dan menekankan perlunya "dialog intra-Afghanistan" yang akan melihat semua pihak di Afghanistan di meja perundingan. (st/AFP)


latestnews

View Full Version