View Full Version
Rabu, 01 May 2019

Media Selandia Baru Sepakat Tidak Beritakan Persidangan Teroris

WELLINGTON (voa-islam.com) - Media arus utama Selandia Baru pada hari Rabu (1/5/2019) bersumpah akan mencegah teroris yang menembak para jamaah shalat Jumat masjid di Christchurch, menggunakan persidangannya sebagai platform untuk propaganda ekstremis.

Komite Kebebasan Media Selandia Baru, yang mewakili lima outlet berita terbesar di negara itu, mengatakan bahwa terdakwa dapat berupaya menggunakan persidangan sebagai platform untuk memperkuat supremasi kulit putih dan / atau ideologi teroris yang dia miliki.

Dikatakan para editor telah menyetujui serangkaian pedoman untuk mencegah hal itu terjadi di persidangan yang tanggalnya belum ditentukan.

Di antara langkah-langkah itu, mereka berjanji untuk membatasi setiap liputan pernyataan yang secara aktif memperjuangkan supremasi kulit putih atau ideologi teroris, termasuk manifesto pria bersenjata tersebut.

Mereka juga akan menghindari pelaporan atau penyiaran pesan, gambar, simbol atau sinyal apa pun oleh terdakwa atau rekannya yang mempromosikan ekstremisme.

Teroris Brenton Tarrant didakwa menembak mati 50 orang dan melukai 39 lainnya dalam serangan 15 Maret lalu di dua masjid tempat para jamaah berkumpul untuk shalat Jumat.

Supremasi kulit putih yang diakui dirinya sendiri menargetkan Muslim dan memposting "manifesto" online yang merinci keyakinan ekstremisnya sebelum melakukan serangan .

Tarrant, 28, saat ini ditahan di penjara keamanan maksimum di Auckland dan menjalani tes psikiatrik untuk menentukan apakah dia secara mental sehat untuk diadili.[fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version