View Full Version
Ahad, 05 May 2019

Arab Saudi Akan Mulai Awal Ramadhan pada Senin 6 Mei

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Pengamat bulan Arab Saudi mengatakan bahwa tidak nampak pemandangan hilal atau bulan sabit untuk menandai awal Ramadhan pada hari Sabtu (4/5/2019), yang berarti Muslim di negara itu akan memulai puasa pertama Ramadhan pada hari Senin 6 Mei.

Dunia Islam mengikuti kalender lunar, dan metodologi pengamatan-bulan tradisional dapat menyebabkan berbagai negara menyatakan awal Ramadhan satu atau dua hari terpisah

Tahun ini, Ramadhan akan jatuh pada hari-hari musim panas yang panjang untuk Muslim di belahan bumi utara.

Puasa selama Ramadhan adalah salah satu dari lima rukun Islam, bersama dengan syahadat, shalat, zakat  dan melakukan ibadah haji bagi yang mampu.

Sheikh Abdullatif Al-Asheikh, menteri Arab Saudi untuk urusan Islam, mengatakan lebih dari 4.000 ulama dipekerjakan selama Ramadhan dan 1.100 imam disewa untuk memimpin shalat Tarawih. Dia menambahkan bahwa lebih dari 2.400 masjid telah direnovasi dan 221 masjid telah dibuka sebelum Ramadhan.

Al-Asheikh mengatakan bahwa 100 penceramah pria dan 50 pengkhotbah wanita telah ditugaskan ke Mekah dan Madinah untuk meningkatkan kesadaran di antara mereka yang melakukan umrah. Dia menambahkan bahwa 70 imam telah ditunjuk untuk memimpin sholat di 35 negara dalam menanggapi permintaan pusat-pusat Islam di negara-negara itu.


latestnews

View Full Version