View Full Version
Rabu, 08 May 2019

Laporan: Presiden AS Donald Trump Mengemplang Pajak selama 8 Tahun

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Bisnis Presiden AS Donald Trump kehilangan lebih dari $ 1 miliar dari tahun 1985 hingga 1994 dan menghindari membayar pajak penghasilan selama delapan dari 10 tahun, menurut media AS.

Bisnis inti Trump, termasuk tempat perjudian atau kasino, hotel, dan gedung apartemen, kehilangan $ 1,17 miliar selama satu dekade, The New York Times melaporkan Selasa (7/5/2019).

Surat kabar itu mengatakan memperoleh cetakan resmi dari transkrip pajak Internal Revenue Service (IRS).

Trump membukukan kerugian lebih dari $ 250 juta pada tahun 1990 dan 1991, yang tampaknya lebih dari dua kali lipat setiap pembayar pajak AS, kata Times.

Laporan itu muncul di tengah pertempuran baru antara Demokrat di Kongres dan administrasi Trump mengenai pembebasan pajak penghasilan sang presiden.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin pada hari Senin menolak permintaan dari Perwakilan AS Richard Neal, ketua Demokrat Dewan Ways and Means Committee, untuk pengembalian pajak Trump.

Mnuchin mengatakan permintaan Neal "tidak memiliki tujuan yang sah," menimbulkan pertanyaan konstitusional dan mengancam privasi wajib pajak.

Demokrat menginginkan data pajak Trump sebagai bagian dari penyelidikan mereka atas kemungkinan konflik kepentingan yang ditimbulkan oleh kepemilikannya yang terus-menerus atas kepentingan bisnis yang luas, bahkan ketika ia menjabat sebagai presiden.

Trump, seorang raja real estat yang menyerahkan bisnisnya kepada putra-putranya setelah pemilihannya pada tahun 2016, memuji ketajaman bisnisnya dan menegosiasikan keterampilan pada jejak kampanye.

Trump melanggar preseden berusia puluhan tahun dengan menolak untuk melepaskan formulir pajak penghasilannya sebagai kandidat presiden pada tahun 2016 atau sejak terpilih, dengan mengatakan ia tidak dapat melakukannya saat pajaknya sedang diaudit. (st/ptv)


latestnews

View Full Version