View Full Version
Sabtu, 11 May 2019

Laporan: CIA Gunakan Rudal Rahasia 'Tanpa Ledakan' untuk Menargetkan Jihadis

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Pemerintah AS telah mengembangkan rudal rahasia untuk meluncurkan serangan udara yang tepat terhadap jihadis dan para pemimpin mereka "tanpa ledakan", Wall Street Journal melaporkan.

Surat kabar itu mengutip para pejabat AS yang tidak disebutkan namanya yang mengklaim bahwa penggunaan rudal baru yang dirancang khusus dengan "kecerdasan luar biasa akurat tentang lokasi dan lingkungan target" akan membantu "secara drastis" mengurangi kerusakan dan meminimalkan kemungkinan korban sipil.

"Versi modifikasi dari rudal Hellfire yang terkenal, [...] R9X dirancang untuk menjatuhkan lebih dari 100 pon logam melalui bagian atas mobil dan bangunan untuk membunuh targetnya tanpa membahayakan individu dan properti di dekatnya," klaim para pejabat itu. .

R9X bertujuan untuk menargetkan jihadis yang beradaptasi dengan serangan udara AS dengan "bersembunyi di antara kelompok sipil untuk membuat diri mereka di luar jangkauan".

Surat kabar tersebur mencatat dalam nada ini bahwa Pentagon dan Central Intelligence Agency (CIA) telah menggunakan senjata ini, "dengan hati-hati menyembunyikan keberadaannya".

Rudal itu dilaporkan digunakan setidaknya dua kali: sekali di Suriah pada Februari 2017, dan yang lain di Yaman pada Januari.

”Sebuah Hellfire, yang panjangnya kurang lebih 1,5 meter dan beratnya hanya 45 kg, biasanya meninggalkan selongsong  yang terbakar, kendaraan yang terbakar, dikelilingi oleh puing-puing dan bekas hangus dalam radius besar. R9X tidak meninggalkan tanda seperti itu ”, sumber tersebut menunjukkan. (st/Sputnik)


latestnews

View Full Version