View Full Version
Ahad, 12 May 2019

Pakistan Mulai Bangun Pagar Perbatasan dengan Iran

BALOCHISTAN, PAKISTAN (voa-islam.com) - Komandan pasukan perbatasan Pakistan mengatakan negara itu telah mulai memagari perbatasan bersama sepanjang 950 kilometer dengan Iran dalam upaya untuk memperkuat keamanan di daerah tersebut.

Moazzam Jah Ansari mengatakan kepada Majelis Tinggi Parlemen negara itu pada hari Jum'at (9/5/2019) bahwa proyek untuk memagari perbatasan yang menghubungkan Provinsi Balochistan Pakistan dengan Provinsi Sistan dan Baluchestan Iran akan selesai dalam tiga hingga empat tahun.

Dia lebih lanjut mengatakan bahwa pasukan keamanan Pakistan baru-baru ini melancarkan operasi militer di Balochistan dekat perbatasan Iran yang menyebabkan terbunuhnya 15 militan.

Iran dan Pakistan telah meningkatkan upaya mereka untuk meningkatkan keamanan di sepanjang perbatasan bersama mereka setelah serangan baru-baru ini terhadap penjaga perbatasan Iran oleh jihadis yang berbasis di Pakistan.

Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi mengatakan bahwa Islamabad telah mengambil "enam langkah" untuk memastikan stabilitas di sepanjang perbatasan Iran sebagai bagian dari proyek yang dijuluki "perbatasan perdamaian".

Diplomat tingkat atas Pakistan juga mencatat bahwa proyek untuk memagari perbatasan bersama itu sudah dimulai dari titik-titik yang sering dieksploitasi oleh kelompok-kelompok jihadis.

Selama kunjungan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan ke Teheran pada bulan April, Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan bahwa kedua negara sepakat untuk membentuk "pasukan reaksi cepat" bersama di perbatasan bersama untuk memerangi jihadis. "

Iran di masa lalu mendesak Pakistan untuk mengatasi masalah keamanan perbatasan, bahkan menawarkan untuk meluncurkan operasi militer dan intelijen bersama untuk menemukan dan menghilangkan jihadis yang berbasis di wilayah Pakistan.

Dalam serangan terakhir mereka, jihadis yang bermarkas di Pakistan menewaskan lebih dari 40 anggota Korps Pengawal Revolusi Syi'ah Iran (IRGC) dengan menabrakkan mobil bermuatan bahan peledak ke dalam bus mereka di Iran tenggara pada bulan Februari.

Tentara Pakistan telah melancarkan serangan besar-besaran ke tempat persembunyian jihadis di sepanjang perbatasan dengan Iran yang bertujuan untuk membersihkan perbatasan dari kelompok bersenjata.

Awal bulan ini, pasukan keamanan Pakistan menewaskan lima jihadis dalam dua operasi terpisah di daerah Khuzdar dan Turbat di Provinsi Balochistan, Pakistan, dekat perbatasan Iran. (st/ptv)


latestnews

View Full Version