View Full Version
Rabu, 15 May 2019

Anggota DPR Loyalis Haftar Sepakat Labeli Ikhwanul Muslimin Sebagai Organisasi Teroris

TOBRUK, LIBYA (voa-islam.com) - Beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat di Tobruk, Libya timur yang setia kepada Khalifa Haftar, Senin (13/5/2019) memilih untuk melabeli Ikhwanul Muslimin sebagai kelompok teroris.

Sekitar 20 anggota HoR - yang mendukung perang Haftar di Tripoli - mengadakan sesi pada hari Senin untuk membahas pertemuan sesi oleh lebih dari 50 anggota di Tripoli.

Menurut analis, pelabelan Kelompok Ikhwanul Muslimin sebagai teroris hanyalah cara untuk berada di bawah sayap pemerintah AS yang saat ini sedang mempertimbangkan pelabelan kelompok itu sebagai teroris dalam daftar mereka, mengetahui bahwa HoR di Tobruk memberikan suara untuk label yang sama setelah krisis Teluk untuk mendapatkan berkah dari UEA dan Arab Saudi.

Juru bicara HoR, Abdullah Blihiq mengatakan sesi itu sah hanya jika diadakan di Benghazi atau Tobruk, merujuk pada diadakannya sesi HoR bagi anggota yang menolak perang Haftar di Tripoli di ibukota.

Dia menambahkan bahwa HoR memutuskan untuk membentuk komite untuk mengawasi distribusi sumber daya minyak berkoordinasi dengan PBB, mengatakan Dewan Presiden menggunakan uang minyak untuk membayar milisi.

Blihiq menuduh Dewan Presiden menghambur-hamburkan dana publik dan menghabiskan lebih dari 2,4 miliar dinar untuk milisi bersenjata di Tripoli, menyerukan Jaksa Agung dan PBB untuk memikul tanggung jawab mereka mengenai hal-hal tersebut.

"Kami menyerukan PBB untuk berhenti mendukung Dewan Presiden dan kami telah membentuk komite untuk berkomunikasi dengan masyarakat internasional untuk mengklarifikasi hal-hal dan kenyataan di balik operasi militer Tripoli." Kata HoR.

Lebih dari 50 anggota HoR telah mengadakan sesi di Tripoli untuk "memperbaiki kebijakan HoR dan mengembalikannya ke tugasnya sendiri." (st/LO)


latestnews

View Full Version