View Full Version
Senin, 20 May 2019

Pasukan India Tewaskan 3 Pejuang Kashmir

KASHMIR (voa-islam.com) - Tiga gerilyawan gugur pada Sabtu pagi kemarin di Kashmir selatan setelah pasukan India menyergap mereka di sebuah rumah tempat mereka bersembunyi.

Paramiliter dan tentara India melancarkan operasi gabungan di desa Panzgam di kabupaten Pulwama setelah menerima informasi.

"Dalam pertemuan berikutnya, tiga gerilyawan tewas dan mayat-mayat itu diambil dari lokasi pertemuan," kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Gerilyawan itu anggota kelompok gerilyawan pro-Pakistan Hizbul Mujahidin dan telah diidentifikasi sebagai Showkat Dar, Perang Irfan, dan Muzaffar Sheikh, tambah pernyataan tersebut.

Pembunuhan itu terjadi dua hari setelah lima pejuang Kashmir, dua warga sipil Kashmir, dan dua tentara India terbunuh dalam dua pertempuran terpisah.

Jammu dan Kashmir, wilayah Himalaya yang mayoritas penduduknya Muslim, sebagian dipegang oleh India dan Pakistan dan diklaim oleh keduanya secara penuh. Sepotong kecil Kashmir juga dipegang oleh Cina.

Sejak mereka dipartisi pada tahun 1947, kedua negara itu telah berperang tiga kali - pada tahun 1948, 1965 dan 1971 - dua dari mereka di Kashmir.

Beberapa kelompok pejuang Kashmir di Jammu dan Kashmir telah berperang melawan pemerintahan India untuk kemerdekaan, atau untuk penyatuan dengan negara tetangga Pakistan.

Menurut beberapa organisasi hak asasi manusia, ribuan orang dilaporkan telah tewas dalam konflik di wilayah tersebut sejak 1989.[fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version