View Full Version
Selasa, 21 May 2019

Turki Perintahkan Penangkapan 249 Staf Kementerian Luar Negeri

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Pihak berwenang Turki pada hari Senin (20/5/2019)memerintahkan penangkapan 249 personel kementerian luar negeri masa lalu dan sekarang dengan dugaan hubungan dengan kelompok yang dituding sebagai penyebab kudeta 2016 yang gagal, kantor kejaksaan mengatakan.

Setidaknya 78 orang telah ditahan, kata kantor di ibukota Ankara.

Tindakan keras terbaru adalah bagian dari penyelidikan di 42 kota terhadap dugaan penyimpangan dalam ujian masuk kementerian luar negeri yang mendukung anggota gerakan yang dipimpin oleh cendekiawan yang berbasis di AS Fethullah Gulen.

Para tersangka bergabung dengan kementerian luar negeri antara 2010 hingga 2013, menurut kantor kejaksaan.

Empat belas saat ini bertugas di kementerian, sementara sisanya sudah dicopot dari jabatan mereka, kata sebuah sumber pengadilan kepada AFP.

Ankara menyalahkan Gulen dan para pengikutnya karena mengatur kudeta yang gagal pada tahun 2016 yang bertujuan menggulingkan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Gerakan itu tidak mau mengakui tuduhan tersebut dan menegaskan mereka adalah kelompok damai yang mempromosikan pendidikan dan Islam moderat.

Puluhan ribu pekerja sektor publik, termasuk guru, hakim, dan tentara, telah dipecat atau ditangguhkan sejak percobaan kudeta.

Pihak berwenang Turki mengatakan itu telah diperlukan untuk menghapus "virus" Gulen dari lembaga-lembaga negara, tetapi para aktivis dan sekutu Barat telah sangat mengkritik besarnya tindakan keras tersebut. (st/Aby)


latestnews

View Full Version