View Full Version
Kamis, 30 May 2019

6 Orang Tewas dalam Serangan Bom Jibaku di Akademi Militer Afghanistan di Kabul

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Serangan bom di ibu kota Afghanistan, Kabul, telah menewaskan sedikitnya enam orang dan beberapa lainnya terluka.

Polisi dan pejabat keamanan Afghanistan mengatakan, korban itu terjadi ketika seorang penyerang meledakkan dirinya di pintu masuk ke pusat pelatihan militer di barat ibukota, Kamis (30/5/2019).

Berbicara dengan syarat anonim, seorang pejabat mengatakan penyerang meledakkan bahan peledaknya setelah dicegah memasuki Universitas Pertahanan Nasional Marsekal Fahim - salah satu akademi pelatihan utama perwira Afghanistan - di sebelah barat Kabul, menurut Reuters.

Pejabat itu mengatakan ledakan itu terjadi ketika para kadet meninggalkan kampus, menewaskan enam orang kadet dan melukai enam lainnya.

Beberapa jam kemudian, kelompok Islamic State (IS) menyatakan bertanggung jawab atas ledakan Kabul.

Afghanistan yang dilanda perang telah berjuang untuk menghentikan sejumlah serangan mematikan oleh kelompok pejuang Taliban di hampir seluruh negeri selama beberapa bulan terakhir.

Taliban telah meningkatkan serangan terhadap instalasi keamanan dalam apa yang disebut ofensif musim semi meskipun terlibat dalam pembicaraan langsung dengan Amerika Serikat, menolak seruan oleh kepala perunding AS Zalmay Khalilzad untuk meletakkan senjata mereka.

Putaran pembicaraan keenam antara AS dan Taliban baru-baru ini berakhir di ibukota Qatar, Doha, tanpa kemajuan nyata. Taliban mengatakan perundingan damai tersandung mengenai pertanyaan kapan pasukan asing akan meninggalkan negara yang dilanda perang, jika mereka mau.

Selain Taliban, kelompok Islamic State juga hadir dan kerap melakukan serangan di Afghanistan. (st/ptv)


latestnews

View Full Version