View Full Version
Sabtu, 08 Jun 2019

Ikon Revolusi Suriah Abdul Basset Sarout Gugur Akibat Luka dalam Pertempuran di Barat Laut Hama

IDLIB, SURIAH (voa-islam.com) - Abdul Basset al-Sarout, seorang Ikon revolusi Suriah, pendukung vokal oposisi dan mantan sepak bola terkenal, telah meninggal akibat luka-luka yang diderita pada hari Jumat dalam bentrokan dengan pasukan rezim teroris Assad di provinsi Hama barat laut, komandan oposisi mengkonfirmasi ke Zamal al-Wasl.

Kapten Mustapha Ma'arrati, juru bicara Jaisyul Izza, mengatakan kepada Zaman al-Wasl dalam panggilan telepon bahwa al-Sarout, yang merupakan salah satu komandan militer terkemuka dalam kelompok tersebut, telah meninggal akibat cedera yang dia derita selama pertempuran melawan pasukan Bashar al-Assad dan milisi sekutunya di provinsi Hama.

Al-Sarout yang selamat dari setidaknya tiga upaya pembunuhan, telah beralih dari seorang penjaga gawang yang terkenal menjadi pemimpin revolusi Suriah di pusat kota Homs.
 
Bentrokan sengit antara pasukan rezim dan pemberontak telah menewaskan 83 orang di Suriah barat laut dalam 48 jam terakhir, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Bentrokan di tepi wilayah Idlib telah menewaskan 44 loyalis rezim dan 39 pejuang sejak Kamis, AFP melaporkan.

Rezim dan sekutu Rusia-nya telah meningkatkan pemboman mereka di wilayah itu sejak akhir April, menewaskan lebih dari 300 warga sipil, menurut Observatory.

Orang-orang Suriah mengingat lagu yang luar biasa al-Sarout ketika dia mencium kepala berdarah demonstran berusia 19 tahun yang terbunuh sementara kerumunan meneriakkan dengan ketukan drum "Tidur nyenyak kita akan melanjutkan perjuangan ... ibu menangis untuk pemuda Suriah" .

Perang di Suriah, yang dimulai pada 2011 dengan penindasan brutal terhadap demonstrasi damai anti-rezim, telah menewaskan lebih dari 560.000 orang dan membuat jutaan orang terlantar. (st/W)


latestnews

View Full Version