View Full Version
Ahad, 09 Jun 2019

IS Dapatkan Kembali Momentum di Dekat Palmyra Ketika Pertempuran Berkecamuk di Barat Laut Suriah

DEIR AL-ZOR, SURIAH (voa-islam.com) - Islamic State (IS) mendapatkan kembali kekuatannya di dekat kota kuno Palmyra, sementara Tentara Arab Suriah (SAA) dan pejuang oposisi saling melakukan ofensif di Suriah barat laut.

Berbicara kepada Al-Masdar dari kota Damaskus, sebuah sumber militer menyatakan bahwa IS baru-baru ini meningkatkan operasi mereka di Suriah tengah, dengan menargetkan Tentara Suriah lebih sering di sekitar jalan utama antara kota Al-Sukhneh dan Palmyra.

Menurut sumber itu, serangan dan penyerapan Islamic State di Suriah tengah terkoordinasi dengan baik dan bukti bahwa kelompok tersebut memiliki kemampuan untuk mendatangkan malapetaka bagi SAA di dalam negara tersebut.

Pada bulan Mei, Tentara Suriah menderita lebih dari 100 korban di tangan Islamic State di Suriah tengah. Namun, tampaknya korban Juni mungkin melebihi korban Mei, karena Tentara Suriah telah kehilangan beberapa prajurit sebagai akibat dari serangan kelompok itu.

Dengan pertempuran yang sedang berlangsung di Suriah barat laut yang menempatkan banyak unit Tentara Arab Suriah, ada kekhawatiran besar bahwa IS dapat mengambil keuntungan dari situasi ini dan melancarkan serangan besar-besaran terhadap pasukan pemerintah.

Islamic State diperkirakan memiliki antara 2.000-3.000 pejuang di wilayah Badiya Al-Sham di Suriah tengah dan timur; ini membuat kelompok ini memiliki lebih dari cukup pejuang untuk mengambil alih sebagian besar wilayah gurun ini.

Jika ini terjadi, Tentara Arab Suriah mungkin terpaksa menghentikan operasi mereka di Suriah barat laut untuk menghentikan kemajuan Islamic State. (st/AMN)


latestnews

View Full Version