View Full Version
Ahad, 16 Jun 2019

Militer Mali Klaim Pasukan Prancis dan Mali Tewaskan 20 Jihadis dalam Operasi di Akabar

AKABAR, MALI (voa-islam.com) - Pasukan Sekutu Perancis dan Mali menewaskan 20 jihadis dalam operasi di bagian utara Mali tempat Islamic State (IS) beroperasi, klaim seorang jurubicara militer negara Afrika Barat itu, Ahad (16/6/2019).

Operasi di distrik Akabar, bagian terpencil dekat perbatasan dengan Niger dan tidak jauh dari kota Menaka, Mali, terus berlangsung, kata jurubicara militer Kolonel Diarran Kone melalui telepon.

"Tetapi saya dapat memberi tahu Anda bahwa 20 teroris telah dinetralkan," klaimnya.

Mali menjadi semakin dilanda kekerasan sejak pemberontakan Tuareg pada 2012 dibajak oleh jihadisgaris keras, mendorong Prancis untuk campur tangan untuk mendorong mereka kembali pada tahun berikutnya.

Beberapa faksi jihadis dan sekutu mereka telah berkumpul kembali dan memulai operasi di beberapa bagian Mali, tempat mereka melancarkan serangan di seluruh Sahel.

Mereka juga sekarang memiliki kehadiran yang signifikan di petak-petak tetangga Burkina Faso, dan di beberapa bagian terpencil Niger.

Meskipun pengerahan 4.500 tentara Prancis dimaksudkan untuk menahan kekerasan di Sahel, itu terus memburuk.

Penyerang yang diyakini berasal dari kelompok etnis Fulani menggerebek desa Sobane Da, etnis Dogon pada hari Ahad dan Senin lalu, menewaskan 35 orang, menurut pemerintah, meskipun pemerintah setempat menyatakan jumlah sebenarnya adalah 95 kematian. Ini diduga sebagai pembalasan atas Pembantaian besar yang dilakukan oleh pemburu Dogon terhadap etnis Fulani pada bulan Maret menewaskan 150 orang.

Orang-orang Mali menjadi semakin frustrasi dengan kegagalan pihak berwenang untuk mengakhiri serangan reguler oleh kelompok-kelompok jihadis yang memiliki hubungan dengan Al-Qaidah dan Islamic State, serta meningkatnya pembunuhan etnis antara warga Fulani dan Dogon. (st/ptv)


latestnews

View Full Version