View Full Version
Senin, 17 Jun 2019

Istri PM Israel Dihukum karena Salahgunakan Dana Publik

TEL AVIV (voa-islam.com) - Pengadilan Israel telah memvonis Sara Netanyahu, istri Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, karena menyalahgunakan dana publik melalui kebohongan dengan menggunakan dana rezim untuk makan di kediaman pribadinya .

Pada hari Minggu kemarin, hakim Avital Chen di pengadilan di Yerusalem al-Quds dan Sara Netanyahu mencapai kesepakatan tentang tawar-menawar pembelaan di mana dia mengakui pelanggaran yang lebih kecil dalam mengeksploitasi kesalahan orang lain dan pengadilan menjatuhkan tuduhan penipuan asli atas pemesanan ilegal dengan melayani makanan ke kediaman perdana menteri sekitar sembilan tahun yang lalu.

Sara Netanyahu, 60, harus membayar 45.000 shekel (12.552 dolar) sebagai pengganti dan membayar denda 10.000 shekel. Dia juga akan memiliki catatan kriminal.

Dia awalnya didakwa pada Juni tahun lalu dengan penipuan yang dengan membelanjakan dana rejim senilai 100.000 dolar untuk memesan ratusan makanan katering sambil menyembunyikan fakta bahwa seorang juru masak telah dipekerjakan di kediaman pribadi perdana menteri .

Di sana, dia mengadakan pesta makan malam mewah, mempekerjakan pembantu bayaran berlebih, dan menyembunyikan pengeluarannya untuk auditor.

"Kesepakatan yang dicapai antara kedua belah pihak layak dan mencerminkan tindakan dan tingkat keparahan mereka pada tingkat kriminal," kata Chen dalam keputusannya.

Investigasi kriminal terhadap pengeluaran dana rezim di rumah Netanyahu diluncurkan pada tahun 2015, berdasarkan laporan pengawas keuangan yang dikeluarkan pada bulan Februari tahun itu dan bukti yang diberikan oleh mantan kepala penjaga di kediaman perdana menteri.

Sara Netanyahu juga mendapat kecaman atas perilakunya yang kasar terhadap para pelayan. Dia saat ini sedang digugat oleh seorang mantan pelayan yang mengaku telah dianiaya.

Benjamin Netanyahu juga menghadapi kasus korupsi sendiri. Pada bulan Februari, jaksa agung rezim mengumumkan bahwa ia bermaksud untuk membawa tuduhan penipuan dan suap terhadap perdana menteri, sambil menunggu sidang pra-sidang.[fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version