View Full Version
Senin, 17 Jun 2019

Liga Arab Desak Militer Sudan Segera Serahkan Kekuasaan ke Sipil

KHARTOUM (voa-islam.com) - Sekretaris jenderal liga Arab pada hari Ahad kemarin mendesak pembentukan otoritas yang dipimpin sipil di Sudan untuk menyelesaikan krisis yang sedang berlangsung di negara itu.

Berbicara kepada wartawan pada hari Ahad setelah bertemu Abdul Fatah Alburhan, kepala Dewan Militer Transisi (TMC) Sudan, Ahmed Aboul Gheit menekankan bahwa Liga Arab ingin melihat Sudan beralih ke otoritas sipil untuk mempromosikan stabilitas negara itu.

"Saya di sini untuk memberikan jaminan mengenai posisi Liga Arab, yang sangat mendukung stabilitas Sudan, dan saya terus terang mengatakan kepada ketua TMC bahwa kami ingin rakyat Sudan dan semua kekuatan di negara itu untuk mencapai solusi politik konsensus segera ," ujar Gheit.

Dia juga mengatakan bahwa pada kunjungan satu hari ke Sudan, delegasi Liga Arab akan bertemu dengan Deklarasi Kekuatan dan Kebebasan dan Perubahan (FFC) oposisi untuk mendengarkan pandangan mereka tentang bagaimana menyelesaikan krisis.

Uni Afrika, Uni Eropa, PBB, dan AS semuanya mendesak dewan militer untuk segera menyerahkan kekuasaan kepada otoritas sipil dan menyelidiki pembubaran paksa awal bulan ini terhadap aksi protes yang menyebabkan pembunuhan lebih dari 100 orang pengunjuk rasa.[fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version