View Full Version
Rabu, 19 Jun 2019

Laporan PBB: Bukti Menunjukkan Putra Mahkota Saudi Bertanggung Jawab atas Pembunuhan Khashoggi

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Ada bukti yang dapat dipercaya bahwa pejabat tinggi Saudi, termasuk Putra Mahkota Mohammed bin Salman, bertanggung jawab atas pembunuhan "Jamal Khashoggi" yang direncanakan sebelumnya, kata penyidik ​​hak asasi manusia PBB, Rabu (19/6/2019).

Agnes Callamard, seorang ahli hak asasi manusia yang merupakan pelapor khusus untuk Komisi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa, mengatakan sanksi yang ditargetkan terhadap orang Saudi yang terkait dengan pembunuhan wartawan Saudi itu "harus mencakup putra mahkota dan aset pribadinya di luar negeri".

Dia menambahkan bahwa dia tidak menemukan "pistol merokok" yang secara langsung memberatkan pewaris takhta Saudi tersebut, tetapi mengatakan hampir pasti dia sadar bahwa rencana untuk menargetkan Khashoggi sedang berlangsung.

"Bukti menunjukkan misi 15 orang untuk mengeksekusi Khashoggi yang membutuhkan koordinasi, sumber daya, dan keuangan pemerintah yang signifikan," tulisnya dalam laporan itu.

“Sementara pemerintah Saudi mengklaim bahwa sumber daya ini diberlakukan oleh Ahmed Asiri, setiap ahli yang dikonsultasikan merasa bahwa operasi skala ini tidak dapat dilaksanakan tanpa putra mahkota menyadari, setidaknya, semacam misi yang bersifat kriminal, diarahkan pada Tuan Khashoggi, sedang diluncurkan."

Dibersihkan secara forensik

Khashoggi, yang menulis untuk Middle East Eye dan Washington Post, terbunuh di dalam konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober oleh pasukan pembunuh Saudi.

Pembunuhan itu memicu kecaman seluruh dunia terhadap Riyadh, dan sebuah laporan CIA menemukan bahwa Mohammed bin Salman hampir pasti bertanggung jawab atas penandatanganan operasi tersebut.

Pemerintah Saudi telah membantah bahwa putra mahkota mengetahui rencana itu, atau itu ditutup-tutupi, dan sebaliknya menyatakan bahwa Ahmed al-Assiri, yang saat itu wakil kepala intelijen militer, dan Saud al-Qahtani, seorang pembantu utama kerajaan, bertanggung jawab.

Sebelas warga Saudi yang tidak disebutkan namanya saat ini diadili di Riyadh atas pembunuhan tersebut, meskipun Qahtani tampaknya melenggang bebas dan tetap berhubungan dengan putra mahkota, menurut beberapa laporan.

Callamard menemukan bahwa penyelidikan Saudi dan Turki terhadap pembunuhan itu gagal memenuhi standar internasional.

Turki menuduh Arab Saudi sebagian besar tidak kooperatif, meskipun Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Raja Salman setuju untuk meluncurkan penyelidikan bersama.

Dalam laporannya, Callamard mengatakan Riyadh berada di bawah "kewajiban internasional" untuk bekerja sama dengan penyelidik Turki.

Namun, pelapor khusus "menemukan bukti yang dapat dipercaya menunjukkan bahwa tempat kejadian kejahatan telah dibersihkan secara menyeluruh, bahkan secara forensik".

"Ini menunjukkan bahwa penyelidikan Saudi tidak dilakukan dengan itikad baik, dan itu mungkin sama dengan menghalangi keadilan," katanya.

'Hewan kurban'

Pihak berwenang Turki memutar rekaman suara pembunuhan Khashoggi yang diperoleh dari konsulat kepada Callamard.

Dalam rekaman itu, kata laporan itu, pemimpin regu pembunuh bayaran, Maher Mutreb, dan seorang ahli patologi forensik, Salah Tubaigy, dapat didengar mendiskusikan pemotongan Khashoggi, yang disebut sebagai "hewan kurban" oleh Mutreb.

"Sendi akan dipisahkan," kata Tubaigy kepada Mutreb, 13 menit sebelum pembunuhan.

“Pertama kali aku memotong di lantai. Jika kami mengambil kantong plastik dan memotongnya, itu akan selesai. ”

Callamard menyerukan agar pengadilan Saudi atas 11 tersangka ditangguhkan, menambahkan bahwa meskipun ini merupakan langkah penting menuju akuntabilitas, proses pengadilan gagal memenuhi standar prosedural dan substantif.

"Persidangan diadakan di balik pintu tertutup; identitas mereka yang didakwa belum dirilis juga bukan identitas mereka yang menghadapi hukuman mati," tulisnya.

"Pada saat penulisan, setidaknya salah satu dari mereka yang diidentifikasi bertanggung jawab atas perencanaan dan pengorganisasian eksekusi Tuan Khashoggi belum dituntut."

Laporan tersebut merekomendasikan bahwa kerabat Khashoggi diberi kompensasi atas pembunuhan tersebut dan mengatakan bahwa paket yang ditawarkan menurut laporan sebelumnya tidak cukup.

"Pelapor khusus memperoleh informasi mengenai paket keuangan yang ditawarkan kepada anak-anak Tuan Jamal Khashoggi tetapi ini dipertanyakan apakah paket tersebut merupakan kompensasi di bawah hukum hak asasi manusia internasional," katanya. (st/MEE)


latestnews

View Full Version