View Full Version
Kamis, 20 Jun 2019

Perang di Yaman telah Menewaskan sedikitnya 91.600 Orang Sejak 2015

SANA'A, YAMAN (voa-islam.com) - Perang di Yaman telah menewaskan sedikitnya 91.600 orang sejauh ini, sebuah basis data pelacakan kekerasan mengatakan hari Rabu (19/6/2019), menyajikan perkiraan baru setelah menyelesaikan pelaporan untuk bulan-bulan pertama pertempuran di 2015.

Konflik dimulai pada 2014 dengan pengambilalihan atas Yaman utara dan tengah oleh pemberontak Syi'ah Houtsi yang didukung Iran, mengusir pemerintah yang diakui secara internasional dari ibukota, Sana'a.

Beberapa bulan kemudian, pada bulan Maret 2015, sebuah koalisi yang dipimpin Saudi meluncurkan kampanye udara untuk mencegah pemberontak Syi'ah Houtsi dari menduduki selatan negara itu.

Orang-orang Houtsi telah menggunakan pesawat tanpa awak dan rudal untuk menyerang Arab Saudi dan menargetkan kapal-kapal di Laut Merah.

Warga sipil menanggung beban konflik, yang telah menciptakan apa yang dikatakan PBB sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Proyek Data Lokasi & Peristiwa Konflik Bersenjata, atau ACLED, mengatakan bahwa pada 2015, sekitar 17.100 orang dilaporkan terbunuh - tahun paling mematikan kedua setelah 2018, yang merupakan yang paling mematikan dalam catatan.

ACLED mengatakan 11.900 orang terbunuh tahun ini, dibandingkan dengan 30.800 pada 2018.

Kelompok itu mengatakan mencatat lebih dari 18.400 tewas di provinsi barat daya Taiz sejak 2015, menempatkan Taiz sebagai provinsi paling kejam di Yaman, sebagian besar karena pengepungan empat tahun oleh Houthi, kata kelompok itu.

Hodeida dan Jawf menyusul Taiz sebagai provinsi paling kejam berikutnya di Yaman, dengan hampir 10.000 kematian total pertempuran, dilaporkan di setiap wilayah sejak 2015, menurut kelompok itu.

ACLED mengatakan gencatan senjata yang ditengahi PBB untuk kota pelabuhan Laut Merah di Hodeida berkontribusi terhadap penurunan sebagian dalam kematian yang dilaporkan dalam beberapa bulan terakhir. Gencatan senjata itu telah runtuh.

"Data ini merupakan alat dan peringatan: masyarakat internasional harus menggunakannya untuk membantu memahami, memantau, dan pada akhirnya menyelesaikan konflik sebelum situasi semakin tidak terkendali," kata direktur eksekutif ACLED Clionadh Raleigh.

Data mencakup segala sesuatu mulai dari serangan udara, penembakan dan pertempuran darat antara berbagai kekuatan hingga pemboman militan dan kekerasan pada protes. Tetapi jumlah mereka tidak termasuk mereka yang telah meninggal dalam bencana kemanusiaan yang disebabkan oleh perang, terutama kelaparan.

Sam Jones, juru bicara ACLED, mengatakan kepada The Associated Press bahwa perkiraan mereka untuk kematian warga sipil tersebut tidak termasuk "kerusakan jaminan," yang berarti jumlah total korban sipil untuk perang kemungkinan jauh lebih tinggi.

Jones mengatakan jumlah mereka juga tidak termasuk bulan-bulan pertama perang setelah September 2014, ketika pemberontak yi'ah Houtsi pindah dari kubu utara mereka di provinsi Sa'ada untuk mengambil alih ibukota.

Kelompok itu, yang menerima dana sebagian dari Departemen Luar Negeri AS dan Kementerian Luar Negeri Belanda, membangun basis datanya di laporan berita dari Yaman dan media internasional serta lembaga internasional. (st/TNA)


latestnews

View Full Version