View Full Version
Selasa, 25 Jun 2019

PBB: Pemberontak Houthi Yaman Blokir Makanan untuk Puluhan Ribu Warga Miskin

SANA'A (voa-islam.com) - Pemberontak Houthi Yaman memblokir pengiriman makanan yang diperuntukkan untuk 100.000 keluarga di negara miskin yang telah didorong ke ambang kelaparan akibat empat tahun perang di negara tersebut.

Juru bicara Program Pangan Dunia (WFP), yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan pada hari Selasa ini bahwa bantuan itu dicegah untuk menjangkau warga sipil setelah badan PBB menangguhkan sebagian upaya bantuan pekan lalu, menuduh para pemberontak menjarahnya.

Penangguhan ini menyusul sengketa kontrol data biometrik yang digunakan WFP untuk memastikan bantuan makanan tidak dialihkan dari penerima yang dituju.

Pemberontak Houthi, yang mengendalikan Yaman utara, meluncurkan kampanye media yang sengit terhadap organisasi PBB tersebut, menuduhnya mengirim makanan busuk.

Juru bicara WFP mengatakan, pemberontak Houthi memblokir lebih dari 8.000 ton tepung yang dikirim dari pelabuhan Hodeidah di Laut Merah. Namun pihak Houthi mengklaim ribuan ton tepung itu terkontaminasi oleh serangga mati.

Pemeriksaan kargo berikutnya, yang sekarang merapat di Oman, menunjukkan bahwa barang itu bersih.

Bantuan kepala makanan PBB David Beasley pada hari Jumat pekan lalu menyatakan bahwa WFP memperkirakan setidaknya 10 persen dari $ 175 juta dalam bantuan makanan bulanan yang diberikan mereka telah dialihkan di daerah Houthi untuk membantu mendanai konflik.[fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version