View Full Version
Jum'at, 05 Jul 2019

Dewan Eropa akan Peringati Peristiwa Genosida Srebrenica

ANKARA (voa-islam.com) - Sebuah upacara peringatan akan diadakan di Dewan Eropa pekan depan untuk menandai insiden genosida Srebrenica 1995 yang menyaksikan pembantaian lebih dari 8.000 Muslim Bosnia, kata menteri luar negeri Turki Jumat hari ini.

"Dewan Eropa akan memperingati korban genosida Srebrenica untuk pertama kalinya dalam sejarahnya dan Turki akan berkontribusi pada upacara ini," kata Mevlut Cavusoglu pada konferensi di provinsi Konya, Turki pusat.

Cavusoglu menggarisbawahi bahwa dewan akan mengadakan peringatan itu pada 11 Juli.

Lebih dari 8.000 pria dan anak laki-laki Muslim Bosniak terbunuh setelah pasukan Serbia Bosnia menyerang "daerah aman" Srebrenica di PBB pada Juli 1995, meskipun ada pasukan Belanda yang ditugaskan bertindak sebagai penjaga perdamaian internasional.

Srebrenica dikepung oleh pasukan Serbia yang berusaha merebut wilayah dari Muslim Bosnia dan Kroasia untuk membentuk negara mereka sendiri.

Dewan Keamanan PBB telah menyatakan Srebrenica sebagai "daerah aman" pada musim semi tahun 1993. Namun, pasukan Serbia yang dipimpin oleh Jenderal Ratko Mladic - yang sekarang menghadapi tuduhan genosida di Den Haag - menguasai zona PBB.

Pasukan Belanda gagal bertindak ketika pasukan Serbia menduduki daerah itu, menewaskan sekitar 2.000 pria dan anak lelaki pada 11 Juli saja. Sekitar 15.000 orang Srebrenica melarikan diri ke pegunungan di sekitarnya, tetapi pasukan Serbia memburu dan membunuh 6.000 di antaranya di hutan.[fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version