View Full Version
Senin, 08 Jul 2019

Cucu Nelson Mandela Kecam Apartheid Israel

LONDON (voa-islam.com) - Cucu pahlawan anti-apartheid Nelson Mandela, menyampaikan kecaman keras terhadap "apartheid Israel", dalam ekspresi solidaritas antara Afrika Selatan dan Palestina.

Zwelivelile Mandela, seorang anggota parlemen dari Kongres Nasional Afrika (ANC) yang berkuasa, membuat pernyataan itu pada hari Sabtu lalu di acara Palestine Expo, sebuah acara tahunan di London yang bertujuan memamerkan sejarah, warisan dan budaya Palestina. Tahun lalu, acara ini menarik 15.000 pengunjung.

Berbicara kepada audiens yang besar, Zwelivelile Mandela mengatakan bahwa Hukum Negara-Bangsa yang disahkan pada tahun 2018 menyatakan Israel sebagai tanah air bersejarah bagi orang-orang Yahudi menegaskan apa yang selama ini kita ketahui sebagai karakter dan realitas sejati Israel: Israel adalah negara apartheid.

Dia juga menguraikan apa yang merupakan apartheid bagi warga kulit hitam Afrika Selatan - dari penciptaan reservasi hingga pengambilalihan tanah dan serangan harian terhadap martabat warga kulit hitam.

"Semua karakteristik ini ada di apartheid Israel sejak awal tetapi sekarang telah dikodifikasi dan diberi status konstitusional dan ekspresi oleh Hukum Negara-Bangsa.

"Apartheid Israel melanggengkan diskriminasi menurut undang-undang melalui definisi hukum sebagai negara Yahudi; dengan melakukan hal itu menjadikan non-Yahudi sebagai warga negara kelas dua, secara bergantian sebagai orang asing di negeri kelahiran mereka sendiri."[fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version