View Full Version
Selasa, 09 Jul 2019

Pemimpin Hong Kong: RUU Ekstradisi Sudah Mati

HONG KONG (voa-islam.com) - Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengatakan RUU ekstradisi yang diusulkan yang telah menyebabkan keributan di wilayah Cina "sudah mati".

Berbicara dalam sebuah konferensi pers pada hari Selasa ini, Lam mengatakan bahwa pekerjaan pemerintah untuk mengubah undang-undang ekstradisi melalui RUU itu adalah kegagalan total.

RUU itu memicu berminggu-minggu protes keras di seluruh Hong Kong. Para kritikus mengatakan hal itu akan merusak sistem peradilan di kawasan tersebut, yang tidak bergantung pada daratan Cina.

Lam sudah menangguhkan undang-undang yang diusulkan, tetapi protes terus berlanjut, dengan tuntutan pengunduran dirinya dan penarikan lengkap RUU.

"Saya sepenuhnya memahami bahwa tanggapan pemerintah mungkin tidak memenuhi keinginan rakyat," katanya dalam sambutannya Selasa.

"Masih ada keraguan tentang ketulusan pemerintah atau kekhawatiran tentang apakah pemerintah akan memulai kembali proses di Dewan Legislatif," katanya. “Jadi, saya tegaskan di sini, tidak ada rencana seperti itu. RUU itu sudah mati. "

Namun dia tidak mengatakan apakah dia secara resmi menarik RUU tersebut.

Lam juga meminta warga untuk memberi pemerintah kesempatan, waktu, ruang, bagi pemerintah untuk membawa Hong Kong keluar dari jalan buntu saat ini dan mencoba untuk memperbaiki situasi saat ini.

Hong Kong, bekas koloni Inggris, dikembalikan ke Cina pada tahun 1997 - di bawah kesepakatan "satu negara, dua sistem" yang menjaminnya tingkat otonomi, termasuk sistem hukum yang terpisah dan independen.[fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version