View Full Version
Kamis, 11 Jul 2019

Amnesty: Mesir Membuat Tuduhan Palsu untuk Tetap Menahan Para Aktivis di Penjara

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Amnesty International pada hari Rabu (10/7/2019) mengatakan Mesir "tanpa batas waktu" menahan para pembangkang di penjara, menahan mereka dalam tahanan meskipun ada keputusan pengadilan yang memerintahkan pembebasan mereka.

Kelompok hak asasi itu mengatakan mengatakan mereka mendokumentasikan lima kasus di mana Penuntutan Tertinggi Keamanan Negara (SSSP) "melewati perintah pengadilan untuk membebaskan (para pembangkang) dari penahanan sewenang-wenang dengan memenjarakan mereka dalam kasus-kasus baru berdasarkan tuduhan palsu".

Dikatakan "upaya untuk menjaga mereka di balik jeruji tanpa batas" adalah "sinyal yang mengkhawatirkan tentang betapa busuknya sistem peradilan negara itu menjadi".

Sebuah sumber keamanan Mesir mengatakan penangkapan baru sejalan dengan keputusan pengadilan dan peradilan, sementara penahanan sementara diperintahkan dalam kasus "keperluan peradilan".

Najia Bounaim, direktur kampanye Amnesty Afrika Utara, menyebut praktik itu "tren yang mengkhawatirkan".

Ini membuat para tahanan "sudah ditahan karena alasan palsu yang terjebak di 'pintu putar' sistem penahanan sewenang-wenang Mesir", katanya.

Di antara kasus-kasus yang diprofilkan adalah putri seorang ulama Mesir yang berbasis di Qatar, Syaikh Yusuf al-Qardawi.

Ola al-Qardawi telah dipenjara sejak 2017 karena "keanggotaan kelompok teroris", menurut Amnesty.

Meskipun ada putusan pengadilan yang memerintahkan pembebasannya pada 3 Juli, SSSP "memerintahkan penahanannya dalam kasus lain yang tidak berdasar sehari kemudian".

Amnesty mengatakan Ola menjadi sasaran hubungan ayahnya dengan kelompok Ikhwanul Muslimin yang dilarang.

Ini juga merujuk pada produser Al-Jazeera Mahmud Hussein, yang ditangkap di Kairo pada akhir Desember 2016 dan didakwa dengan "keanggotaan dalam organisasi teroris", "menerima dana asing" dan "menerbitkan informasi palsu".

Jaksa memerintahkan pembebasannya pada 21 Mei tetapi seminggu kemudian SSSP menamparnya dengan satu set tuduhan dan memerintahkan penahanannya kembali.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia secara teratur mengatakan rezim otoriter Presiden Abdel Fattah al-Sisi, yang mengambil alih kekuasaan setelah memimpin kudeta tentara terhadap presiden asal Ikhwanul Muslimin yang terpilih secara demokratis Muhammad Mursi tahun 2013, memberangus oposisi sekuler dan Islam. (st/TNA)


latestnews

View Full Version