View Full Version
Ahad, 14 Jul 2019

4 Tentara Afghanistan Tewas dalam Serangan Taliban di Sebuah Hotel di Badghis

BADGHIS, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Empat tentara Afghanistan tewas saat melawan pejuang Taliban yang menyerbu sebuah hotel pada Sabtu (13/7/2019) sore, dengan sekitar 20 orang, termasuk warga sipil, terluka dalam serangan itu.

Pejuang Taliban, beberapa mengenakan rompi bom, berusaha untuk menyerang hotel di kota Qala-i-Naw Afghanistan barat sesaat setelah tengah hari.

Meskipun mereka tidak berhasil merebut hotel itu, empat anggota pasukan keamanan Afghanistan tewas saat menahan gerak maju mereka.

Serangan itu terjadi di area komersial Qala-i-Naw, ibukota provinsi barat Badghis, dan terjadi di tengah pembicaraan damai antara AS dan Taliban.

Gubernur Badghis mengatakan kepada AFP bahwa pasukan keamanan lokal bersiap untuk serangan setelah menerima informasi intelijen sebelumnya tentang serangan Taliban.

"Kami memiliki laporan intelijen bahwa pelaku bom jibaku berencana untuk menyerang Qala-i-Naw," kata gubernur Badghis Abdul Ghafoor Malikzai kepada AFP.

"Para penyerang mengambil alih sebuah bangunan di dekat kantor gubernur dan markas polisi."

Pasukan Afghanistan berhasil menahan para pejuang Taliban yang menyerbu area komersial kota, yang mencakup sebuah hotel dan beberapa toko.

Tiga anggota Taliban gugur dan dua ditahan, kata kementerian pertahanan, sementara anak-anak dievakuasi dari sekolah terdekat ketika pertempuran berkecamuk.

Juga pada hari Sabtu, seorang tentara Amerika diumumkan "tewas dalam aksi" menyusul bentrokan dengan Taliban.

"Nama anggota layanan yang terbunuh dalam aksi ditahan sampai 24 jam setelah pemberitahuan tentang saudara terdekatnya selesai," kata Dukungan Tegas, misi NATO pimpinan-AS di Afghanistan, dalam sebuah pernyataan.

Tentara tersebut adalah anggota militer AS kesepuluh yang tewas tahun ini, dibandingkan dengan 12 di seluruh 2018. (st/TNA)


latestnews

View Full Version