View Full Version
Selasa, 16 Jul 2019

Irak Deportasi 33 Anak-anak Islamic State ke Rusia

BAGHDAD (voa-islam.com) - Irak telah menyerahkan 33 anak-anak Rusia yang diduga anak dari pejuang Islamic State ke Rusia, menurut Kementerian Luar Negeri negara itu pada hari Senin kemarin.

Anak-anak yang dilahirkan oleh wanita Rusia dikirim kembali ke Rusia pekan lalu dalam koordinasi dengan Kedutaan Besar Rusia di Baghdad, kata jurubicara kementerian Ahmed Sahaf dalam sebuah pernyataan.

Dia mengatakan pemerintah Irak telah mendeportasi 473 anak-anak dari anggota asing kelompok IS ke negara asal mereka.

Pada bulan Maret, Human Rights Watch (HRW) yang bermarkas di New York menuduh pihak berwenang Irak secara sewenang-wenang menangkap dan menyiksa ratusan anak yang dicurigai berafiliasi dengan IS.

Kelompok hak asasi itu mengatakan sekitar 2.000 anak-anak dan 1.000 wanita dari 46 negara ditahan di penjara di Irak dan Libya serta tiga kamp di Suriah timur laut karena ikatan keluarga mereka dengan anggota atau diduga menjadi anggota IS.

Tak lama setelah kemunculannya yang tiba-tiba pada pertengahan 2014, kelompok militan yang terkenal itu menyerbu wilayah yang luas di Suriah utara dan Irak utara dan barat.

Pada akhir 2017, Baghdad menyatakan kemenangan atas IS setelah perang tiga tahun yang berakhir dengan jatuhnya Mosul, benteng terakhir kelompok yang tersisa di Irak.[anadolu/fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version