View Full Version
Kamis, 18 Jul 2019

Gerakan Bersenjata di Sudan: Deklarasi Politik Tidak Akan Mencapai Perdamaian

KHARTOUM, SUDAN (voa-islam.com) - Gerakan bersenjata di Sudan hari Rabu (17/7/2019) mengumumkan keberatan mereka tentang deklarasi politik yang ditandatangani antara Dewan Militer dan Kekuatan Kebebasan dan Perubahan. Dinyatakan bahwa deklarasi tersebut tidak memenuhi aspirasi untuk mencapai perdamaian komprehensif di negara itu.

“Kami sangat menghargai motif mereka yang menandatangani perjanjian. Namun, partai-partai ini tidak mewakili semua Kekuatan Kebebasan dan Perubahan. Perjanjian tersebut mengabaikan masalah-masalah penting yang sedang dibahas di Addis Ababa yang menjadi dasar kemajuan,” kata pemimpin Gerakan Pembebasan Rakyat Sudan-Utara, Malek Akar.

"Ada dialog mendalam antara para pemimpin aktif di Kekuatan Kebebasan dan Perubahan dan Front Revolusioner Sudan," kata Akar dalam sebuah pernyataan yang dilihat oleh Anadolu Agency.

Dia melanjutkan: "Perjanjian itu telah memengaruhi dialog ini secara negatif dan apa yang dicakupnya tentang perdamaian tidak melampaui hubungan masyarakat."

"Kami adalah Kakuatan untuk Kebebasan dan Perubahan, dan perjanjian ini akan mengarah pada posisi yang berbeda ... Kami sedang belajar dengan kawan-kawan kami di Front Revolusioner posisi yang akan kami umumkan hari ini," tambah Akar.

Gibril Ibrahim, kepala Gerakan Keadilan dan Persamaan, mengatakan di Twitter: "penandatanganan perjanjian politik antara Dewan Militer Transisi dan pihak-pihak dari Kekuatan Kebebasan dan Perubahan mengabaikan konsultasi yang berlangsung di Addis Ababa."

"Front Revolusioner Sudan bukan merupakan pihak dalam perjanjian ini," tambah Ibrahim.

Ada konsultasi di ibukota Ethiopia Addis Ababa antara Front Revolusi Sudan dan Kekuatan Kebebasan dan Perubahan untuk mencapai pemahaman tentang mencapai perdamaian di daerah konflik.

Sejak 2003, wilayah Darfur telah mengalami konflik antara pemerintah Sudan dan gerakan pemberontak, menewaskan lebih dari 300.000 orang dan menggusur sekitar 2,5 juta orang dari total 7 juta orang, menurut PBB.

Sejak Juni 2011, Gerakan Pembebasan Rakyat Sudan - utara - telah mengobarkan pemberontakan bersenjata di provinsi Kordofan Selatan (selatan) dan Nil Biru (tenggara), yang memengaruhi satu juta dua ratus orang, menurut statistik PBB.

Pada hari Rabu pagi, pihak-pihak Sudan menandatangani dengan inisial dokumen Perjanjian Fase Transisi antara Dewan Militer dan Kekuatan Kebebasan dan Perubahan di Khartoum setelah penundaan dan negosiasi selama tiga hari sejak Selasa malam.

Perjanjian tersebut mengatur pembentukan dewan yang terdiri dari 11 anggota, dengan lima perwira militer yang akan dipilih oleh Dewan Militer, lima warga sipil akan dipilih oleh Kekuatan Perubahan, di samping seorang tokoh sipil yang akan ditentukan dengan konsensus antara kedua sisi.

Seorang anggota militer akan memimpin Dewan Kedaulatan selama 21 bulan sejak tanggal penandatanganan Perjanjian, diikuti oleh Presidensi anggota sipil selama 18 bulan tersisa dari masa transisi (39 bulan).

Dewan Militer telah berkuasa sejak kepemimpinan militer menggulingkan Omar Al-Bashir pada 11 April dari kepresidenan (1989-2019), di bawah tekanan dari protes luas yang telah dimulai sejak akhir 2018, mengecam kondisi ekonomi yang memburuk. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version