View Full Version
Jum'at, 19 Jul 2019

Menlu Israel dan Bahrain Adakan Pertemuan Publik Pertama di AS

TEL AVIV (voa-islam.com) - Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz pada hari Kamis kemarin mengumumkan bahwa ia telah bertemu dengan mitra Bahrainnya di depan umum selama kunjungan ke Washington, DC. Dan ini merupakan pertemuan pertama antara kedua negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik.

"Kemarin saya bertemu secara terbuka dengan Menteri Luar Negeri Bahrain, Sheikh Khalid bin Ahmed Al Khalifa," kata Katz dalam sebuah kicauan di Twitter.

Mengacu pada Benjamin Netanyahu , Katz menambahkan: "Saya akan terus bekerja dengan (Perdana Menteri Israel) untuk memajukan hubungan Israel dengan negara-negara Teluk."

Israel memiliki hubungan diplomatik dengan hanya dua negara Arab - Mesir dan Yordania - tetapi keprihatinan umum atas Iran telah membuatnya lebih dekat dengan negara-negara Teluk dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam sebuah foto yang menyertai tweet itu, dua menteri luar negeri muncul berdampingan sambil tersenyum.

Menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Israel, pertemuan itu dikoordinasikan di belakang layar oleh Departemen Luar Negeri AS sebagai bagian dari konferensi tentang kebebasan beragama yang diselenggarakan di Washington oleh Sekretaris Negara AS Mike Pompeo.

Bulan lalu, Bahrain menjadi tuan rumah sebuah konferensi untuk membahas apa yang digambarkan AS sebagai bagian ekonomi dari "kesepakatan abad ini" Presiden Donald Trump, yang usulannya untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

Pertemuan itu terjadi pada saat meningkatnya ketegangan di wilayah Teluk antara Amerika Serikat dan Iran.[fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version