View Full Version
Sabtu, 27 Jul 2019

Arab Saudi Tangguhkan Visa Haji untuk Kongo karena Wabah Ebola

RIYADH (voa-islam.com) - Arab Saudi telah melarang masuknya wisatawan yang datang dari Republik Demokratik Kongo (DRC) karena kekhawatiran Ebola bisa menyebar selama musim haji tahun ini.

Keputusan itu, yang diumumkan dalam catatan yang dikeluarkan pada hari Rabu oleh Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, mengutip langkah pekan lalu oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan wabah Ebola di provinsi Kivu Utara dan Ituri timur DRC sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

"Pemberian visa kedatangan untuk orang-orang yang masuk dari DRC telah dihentikan, untuk menjaga kesejahteraan para peziarah," kata catatan kementerian Saudi.

Tidak jelas berapa banyak aplikasi orang yang terpengaruh oleh langkah ini.

Sekitar tiga persen populasi Kongo (DRC) adalah Muslim, menurut sebuah jajak pendapat oleh Kelompok Penelitian Kongo yang berbasis di New York, sementara orang-orang dari Afrika sub-Sahara membentuk sekitar 10 persen dari lebih dari dua juta peziarah tahunan ke kota suci Mekkah.

Langkah Riyadh dilakukan meskipun WHO mengatakan pada saat deklarasi darurat internasionalnya bahwa tidak ada negara yang harus menutup perbatasannya atau membatasi perjalanan atau perdagangan karena Ebola dan mendesak pemerintah di tempat lain di Afrika serta di seluruh dunia untuk tidak "panik" dalam menanggapi deklarasi darurat tersebut.

Epidemi ini telah menewaskan lebih dari 1.700 orang - lebih dari dua pertiga dari mereka yang tertular - sejak muncul Agustus lalu, menurut kementerian kesehatan DRC. Ini adalah wabah terburuk kedua dari jenisnya yang pernah ada.

Arab Saudi juga menutup sebagian perbatasannya bagi para pelancong di tengah kekhawatiran atas Ebola selama letusan virus paling mematikan di dunia, yang menewaskan lebih dari 11.300 orang saat melonjak melalui Afrika Barat selama 2014-2016.

Kerajaan tersebut menangguhkan visa kunjungan bagi para pelancong dari Guinea, Sierra Leone, dan Liberia - tiga negara yang paling parah terkena dampaknya.[fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version