View Full Version
Ahad, 28 Jul 2019

Pembicaraan Krisis Tentang Kesepakatan Nuklir Iran akan Dimulai di Wina

WINA (voa-islam.com) - Para penandatangan yang tersisa untuk perjanjian nuklir Iran 2015 akan bertemu di ibukota Austria, Wina, guna memperbaharui diskusi yang bertujuan menyelamatkan kesepakatan setelah keluarnya unilateral Amerika Serikat tahun lalu.

Utusan dari Inggris, Prancis, Jerman, Cina, Rusia dan Iran akan ikut ambil bagian dalam pertemuan luar biasa hari Ahad ini, kata layanan kebijakan luar negeri Uni Eropa.

"Pertemuan itu akan memeriksa masalah yang terkait dengan pelaksanaan JCPOA dalam semua aspeknya," kata Uni Eropa, merujuk pada kesepakatan nuklir dengan nama resminya, Rencana Aksi Komprehensif Bersama.

Perjanjian penting, yang menawarkan bantuan Iran dari sanksi global dengan imbalan pembatasan pada program nuklirnya, dalam bahaya terurai menyusul langkah Washington pada Mei 2018.

Administrasi Presiden AS Donald Trump sejak itu menerapkan kembali sanksi hukuman terhadap Teheran, menjerumuskan ekonominya ke dalam resesi dan membawa kesulitan bagi rakyat Iran.

Penandatangan pakta yang tersisa menentang langkah Washington tetapi telah berjuang untuk melindungi perdagangan dengan Iran.

Pada bulan Mei, Iran mengatakan akan mengabaikan batas-batas tertentu perjanjian yang ditetapkan pada program nuklirnya. Setelah melampaui batas persediaan uranium yang diperkaya, badan atom Iran awal bulan ini mengatakan mereka juga mulai memperkaya uranium ke tingkat yang lebih tinggi dibandingkan 3,67 persen yang ditetapkan di JCPOA.

Iran kemudian mengancam akan mengambil tindakan lebih lanjut jika pihak-pihak yang tersisa dalam kesepakatan itu, terutama negara-negara Eropa, tidak membantunya menghindari sanksi AS, khususnya pembatasan yang diberlakukan pada kemampuan Iran untuk mengekspor minyak.

Mohammad Javad Zarif, menteri luar negeri Iran, mengatakan semua tindakan Teheran "dapat dibalikkan" dalam beberapa jam jika para penandatangan yang tersisa mendukung komitmen mereka.[fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version