View Full Version
Ahad, 28 Jul 2019

Militer Sudan dan Kelompok Bersenjata Spakat untuk Bebaskan Tahanan Politik

JUBA, SUDAN (voa-islam.com)  - Militer Sudan dan kelompok-kelompok bersenjata telah sepakat untuk membebaskan tahanan politik dari kedua belah pihak untuk membawa perdamaian dan stabilitas di Sudan, wakil ketua dewan transisi militer Sudan mengatakan Sabtu (27/7/2019), lapor Anadolu Agency.

Berbicara kepada wartawan di Juba setelah bertemu dengan Malik Agar, pemimpin faksi Gerakan Pembebasan Rakyat Sudan-Utara di Blue Nile, Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo mengatakan bahwa mereka juga setuju dengan kelompok-kelompok bersenjata untuk menghentikan perang di Sudan, berkumpul bersama sebagai satu orang dan membawa stabilitas.

Dia mengatakan bahwa mereka juga setuju untuk membuka koridor kemanusiaan untuk memberikan layanan ke daerah-daerah yang terkena dampak perang di Sudan.

“Kami menyambut saudara-saudara kita yang telah mengangkat senjata melawan pemerintah Sudan. Kehadiran dan pandangan mereka sangat penting bagi kami di Sudan, dan kami benar-benar membutuhkan mereka untuk pulang. Itu rumah mereka, kami benar-benar membutuhkannya untuk stabilitas, ”katanya.

Memuji langkah Presiden Salva Kiir untuk memulai perdamaian antara kelompok-kelompok saingan Sudan, Dagalo mengatakan mereka berkomitmen untuk membawa perdamaian ke Sudan.

Malik Agar mengatakan bahwa mereka sepakat pada sejumlah masalah tentang perang dan perdamaian di Sudan.

Dia mengatakan bahwa ketiga kelompok bersenjata sepakat untuk menghentikan permusuhan dan menciptakan lingkungan yang konduktif di Sudan.

"Kami telah menandatangani beberapa perjanjian sebelumnya tetapi belum diimplementasikan, tetapi kali ini saya berharap semuanya akan berjalan dengan baik," kata Agar.

Dagalo tiba di Juba pada hari Sabtu, di mana ia akan bertemu dengan Presiden Salva Kiir dan perwakilan kelompok pemberontak Sudan.

Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo, yang dikenal dengan julukannya Hemeti, sedang dalam perjalanan pertamanya ke Sudan Selatan sejak pengangkatannya sebagai wakil kepala dewan militer Sudan menyusul pemecatan Omar al-Bashir bulan April setelah berbulan-bulan protes.

Kunjungannya itu dilakukan setelah anggota koalisi oposisi Sudan mencapai apa yang mereka sebut "kesepakatan politik" di Addis Ababa, Ethiopia.

Hemeti, yang juga memimpin kelompok paramiliter yang dikenal sebagai Pasukan Dukungan Cepat, mengatakan kepada wartawan bahwa dia mengunjungi Juba untuk bertemu dengan Presiden Kiir dan kelompok pemberontak Sudan.

“Kami datang ke Juba untuk memberi pengarahan kepada presiden tentang situasi di Sudan. Kami juga ingin bertemu dengan saudara lelaki kami Abdel-Aziz al-Hilu dan para pemimpin gerakan bersenjata, ”kata Hemeti.

"Saya harap kita akan menemukan solusi secepatnya," tambahnya.

Hemeti adalah yang terdepan dalam pembicaraan damai dengan kelompok-kelompok oposisi. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version