View Full Version
Ahad, 28 Jul 2019

Penyebaran 10.000 Pasukan Paramiliter Baru India Picu Ketegangan di Kashmir

KASHMIR, INDIA (voa-islam.com) - Ketegangan di Kashmir yang dikelola India meningkat pada hari Ahad (28/7/2019) setelah penggelaran sedikitnya 10.000 pasukan paramiliter India ke wilayah yang bermasalah meskipun ada pernyataan pihak berwenang bahwa langkah itu rutin.

India mempertahankan penyebaran 500.000 tentara di wilayah Himalaya yang berpenduduk mayoritas Muslim tersebut, yang telah dibagi antara negara Asia Selatan dan Pakistan sejak perpecahan mereka pada tahun 1947.

Wilayah ini telah mengalami kebangkitan permusuhan dalam beberapa tahun terakhir, sementara penduduk setempat khawatir tentang hilangnya hak-hak mereka setelah Mahkamah Agung India tahun lalu mulai mendengarkan kasus yang menantang ketentuan konstitusional.

Para pejabat mengatakan pergerakan pasukan - yang akan meningkat menjadi 20.000 - adalah untuk meringankan kelelahan personel yang ditempatkan sejak pemilihan umum setempat tahun lalu dan sekarang memantau ziarah tahunan umat Hindu.

“Tentara telah bekerja terus-menerus selama tujuh bulan. Beberapa harus pergi cuti dan beberapa untuk pelatihan di luar, "Direktur Jenderal Polisi Dilbagh Singh mengatakan kepada AFP.

"Kami telah meminta 200 kompi (20.000 tentara), lebih banyak lagi yang akan datang."

Seorang pejabat keamanan senior, berbicara kepada AFP dengan syarat anonim, mengatakan pengerahan itu untuk menjaga terhadap kemungkinan protes tentang keputusan atau peristiwa, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Dia menambahkan bahwa pengaturan keamanan India di Kashmir "sedang berorientasi ulang tidak seperti sebelumnya."

Warga setempat mengatakan kepada AFP bahwa mereka khawatir pemerintah Perdana Menteri India Narendra Modi ingin mengesampingkan ketentuan konstitusional - Pasal 35A - yang akan memungkinkan orang India dari luar wilayah yang disengketakan untuk membeli tanah di sana.

Penempatan tersebut menyusul keributan yang dipicu oleh Presiden AS Donald Trump setelah ia mengklaim dalam pertemuan dengan PM Pakistan Imran Khan bahwa Modi memintanya untuk menengahi dalam sengketa Kashmir.

India telah lama bersikeras bahwa masalah ini hanya dapat diselesaikan secara bilateral, dan dengan keras membantah klaim Trump.

India dan Pakistan telah memperebutkan Kashmir, bagian yang juga dikuasai Cina, selama beberapa dekade.

Pada Februari, sebuah bom jibaku yang diklaim oleh kelompok jihadis yang bermarkas di Pakistan menewaskan 41 tentara India di Kashmir yang dikuasai India, memicu serangan udara antar kedua negara.

Bagian Kashmir India berada di bawah pemerintahan langsung New Delhi pada Juni 2018 setelah partai Modi, Partai Bharatiya Janata (BJP) menarik dukungan untuk mitra lokalnya dan membubarkan pemerintah lokal terpilih. (st/Aby)


latestnews

View Full Version