View Full Version
Rabu, 31 Jul 2019

Menlu Turki: Pembelian S-400 dari Rusia Tidak Jadi Masalah Bagi NATO

BANGKOK (voa-islam.com) - Menteri luar negeri Turki pada hari Selasa ini mengatakan bahwa sistem rudal anti-udara S-400 Rusia tidak menimbulkan masalah bagi NATO.

"Kami tidak memiliki masalah dengan NATO. Seperti yang jelas dari pernyataan sekretaris jenderal NATO, S-400 tidak menimbulkan masalah bagi NATO," kata Mevlut Cavusoglu dari Turki kepada wartawan asing pada pertemuan ke-52 Perhimpunan Menteri Luar Negeri ASEAN di Thailand.

"Turki berkontribusi pada operasi NATO dalam banyak hal. Masalah-masalah ini belum pernah diangkat pada KTT NATO," kata Cavusoglu, menambahkan bahwa S-400 adalah masalah Turki-AS. Dibandingkan dengan hubungan Turki-NATO.

Sejak 2017, Turki dan AS berselisih atas keputusan Turki untuk membeli S-400, sistem pertahanan rudal buatan Rusia, dan ancaman AS untuk memutuskan kontraknya untuk menjual jet tempur Turki F-35 menuai perselisihan tersebut.

AS mengklaim S-400 akan tidak kompatibel dengan sistem NATO, sebuah argumen yang diperselisihkan oleh Turki.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan bahwa semua itu tergantung pada Turki untuk membuat keputusan sendiri mengenai pembelian sistem senjata.[fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version