View Full Version
Rabu, 31 Jul 2019

Pengadilan Kirgistan Vonis Hukuman Seumur Hidup kepada Aktivis HAM Uzbek

KIRGISTAN (voa-islam.com) - Sebuah pengadilan di Kirgistan menjatuhkan hukuman seumur hidup kepada seorang aktivis hak asasi manusia terkemuka Uzbek, yang dipenjara seumur hidup setelah bentrokan etnis di bagian selatan negara itu pada 2010.

Pengadilan regional Chui di Kirgistan utara pada hari Selasa kemarin sepakat dengan jaksa penuntut, yang menentang pembebasan Azimjon Askarov sejak ia dihukum karena pembunuhan.

Perwakilan dari kedutaan besar Inggris, Jerman dan Swiss, serta dari kelompok-kelompok hak asasi manusia, Human Rights Watch dan UNHRC, menghadiri sidang tersebut, yang diadakan di tengah ketidakhadiran aktivis berusia 68 tahun itu.

Askarov, salah satu tahanan politik terlama di negara Asia Tengah itu, ditangkap menyusul kekerasan etnis antara Kirgistan dan Uzbek pada Juni 2010 di Kirgistan selatan, yang menewaskan lebih dari 450 orang dan ribuan lainnya terlantar.

Askarov dinyatakan bersalah karena menghasut bentrokan antaretnis dan atas keterlibatannya dalam pembunuhan seorang perwira polisi, yang secara brutal dibunuh oleh gerombolan massa selama kekerasan berlangsung.

Pendukung Askarov mengatakan pemerintah telah menggunakan bentrokan 2010 untuk membungkamnya dari berbicara menentang penganiayaan terhadap warga Uzbek.[aljz/fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version