View Full Version
Rabu, 31 Jul 2019

PBB: Islamic State Ganti Pemimpin di Afghanistan Setelah Kunjungan dari Kepemimpinan Pusat

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Kepemimpinan pusat Islamic State (IS) telah mengganti pemimpin mereka di Afghanistan setelah pertemuan awal tahun ini, menurut sebuah laporan baru-baru ini yang disampaikan kepada Dewan Keamanan PBB. Laporan ini ditulis oleh tim pemantauan yang bertanggung jawab untuk melacak Al-Qaidah, Islamic State dan kelompok-kelompok yang berafiliasi dengan mereka.

Mawlawi Zia ul-Haq, juga dikenal sebagai Abu Omar al-Khorasani, memimpin Islamic State Provinsi Khorasan (ISKP) hingga April. Dia kemudian "diberhentikan dan digantikan oleh Mawlawi Abdullah, juga dikenal sebagai Mawlawi Aslam Farooqi," yang "sebelumnya bertanggung jawab atas operasi di Khyber Agency. “

Tim pemantau PBB menemukan bahwa Mawlawi Zia ul-Haq diturunkan "karena kinerja yang buruk dalam konteks" dari "kemunduran kelompok itu di Nangarhar pada paruh kedua 2018."

Laporan ini mencakup detail yang menarik: “Nominasi Mawlawi Abdullah dibuat selama kunjungan oleh delegasi inti IS, menggarisbawahi hubungan langsung antara IS-KP [Islamic State - Khorasan] dan inti IS di Irak dan Republik Arab Suriah."

Laporan tidak menjelaskan bagaimana detail ini dipelajari. Jika akurat, maka itu memang menggambarkan bagaimana manajer senior Islamic State terus menggunakan pengaruh mereka jauh dari Irak dan Suriah bahkan setelah kehilangan kekhalifahan teritorial mereka.

Dalam laporan lain yang diterbitkan awal tahun ini, badan pemantau PBB yang sama mengatakan bahwa Islamic State "lokal" - Khorasan "kepemimpinan menjaga hubungan dekat dengan inti kelompok itu di Republik Arab Suriah dan Irak." Islamic State mengoordinasikan "penerbitan propaganda video ”dan “penunjukan personel yang penting dilakukan melalui kepemimpinan pusat. ”

Tampaknya pengangkatan Mawlawi Abdullah adalah contoh lain tentang bagaimana “kepemimpinan pusat” terus mengelola provinsi ini.

Para penulis laporan baru mengidentifikasi tokoh kunci lain di cabang Islamic State Khorasan  sebagai warga negara Tajik bernama Sayvaly Shafiev, juga dikenal sebagai "Mauaviya," yang memimpin "kontingen sekitar 200 pejuang" dari Asia Tengah.

Shafiev "saat ini beroperasi di Provinsi Nangarhar, di mana dia adalah anggota dari badan kepemimpinan IS-KP, atau syura." Dia "berusaha untuk merekrut pejuang Tajik dan untuk mengumpulkan dana menggunakan propaganda online dalam bahasa Tajik."

Tim pemantauan Dewan Keamanan PBB melaporkan bahwa provinsi Khorasan telah "mengalami kemunduran militer" dan "intensitas serangannya berkurang dibandingkan dengan periode sebelumnya." Selain itu, upaya kelompok untuk menembus Paktiya dan Provinsi Logar di tenggara Afghanistan tidak berhasil, "karena perwakilan Abu Bakar al-Baghdadi tetap" terkonsentrasi di Provinsi Nangarhar dan Kunar, tanpa kehadiran yang terorganisir atau terbuka di luar Afghanistan timur. "

Namun, Kunar dan Nangarhar bukan satu-satunya provinsi tempat organisasi itu beroperasi. Islamic State Cabang Khorasan jelas mempertahankan jaringan mereka di Kabul, di mana para kelompok itu telah melakukan serangkaian operasi tahun ini. Laporan PBB sebelumnya, selesai pada Januari, mencatat kehadiran loyalis Baghdadi di provinsi-provinsi timur Nuristan dan Laghman juga. Tahun lalu, tim pemantau PBB melaporkan bahwa Islamic State hadir di seluruh negeri, termasuk di provinsi utara dan di provinsi barat Herat. Bagaimanapun, mereka telah mengklaim operasi di tempat lain di Afghanistan termasuk di Herat, tahun ini.

Pejuang di Afghanistan barat juga memperbarui kesetiaan mereka kepada Al-Baghdadi dalam sebuah video yang diposting online pada bulan Juni. Video yang sama itu mendokumentasikan bagaimana kelompok itu memiliki kehadiran yang terorganisir di seluruh wilayah, termasuk di Iran, Kashmir, dan Pakistan.

Namun, sehubungan dengan Afghanistan, sayap Khorasan Islamic State jelas paling kuat di bagian timur negara itu. Dan itu telah menderita kerugian di Afghanistan utara selama tahun sebelumnya.

Meskipun mengalami kemunduran, negara-negara anggota PBB memperkirakan bahwa Islamic State Provinsi Khorasan memiliki "antara 2.500 dan 4.000" orang, "termasuk pejuang asing." Di luar Irak dan Suriah, satu-satunya "provinsi" yang menyaingi operasi Khorasan dalam hal kekuatan pasukan ada di Afrika Barat, yang dianggap memiliki jumlah anggota yang sebanding.

Negara-negara anggota PBB juga mengindikasikan bahwa kelompok itu terus "untuk mempertahankan kemampuan yang kuat untuk memperoleh penghasilan dari eksploitasi sumber daya mineral, kayu dan talk lokal." Selain itu, kegiatan seperti "pajak" dan "penculikan untuk tebusan" digunakan untuk mendapatkan dana.

Dalam setiap kejadian, walaupun selalu ada ambiguitas dalam menilai kekuatan dan kelemahan para jihadis, jelas bahwa Islamic State mempertahankan pijakan yang signifikan di Afghanistan. Dan tim pemantau Dewan Keamanan PBB melaporkan bahwa kepemimpinan pusat Islamic State terus mengawasi operasi provinsi Khorasan. (st/TLWJ)


latestnews

View Full Version