View Full Version
Rabu, 31 Jul 2019

130 Narapidana di Mesir Lakukan Mogok Makan Memproters Kondisi Penjara Tidak Manusiawi

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Sekitar 130 narapidana melakukan mogok makan di sebuah penjara Mesir selama lebih dari enam pekan sebagai protes atas kondisi yang tidak manusiawi dan penolakan kunjungan keluarga, Amnesty International mengatakan Rabu (31/7/2019).

Banyak dari mereka yang mogok makan di penjara keamanan maksimum Al-Aqrab selatan Kairo ditangkap "lebih dari dua tahun lalu dan tidak diizinkan melakukan kunjungan tunggal dari keluarga atau pengacara mereka," kata kelompok hak asasi itu.

Sejak aksi itu diluncurkan pada 17 Juni, pihak berwenang membalas terhadap para tahanan dengan "memukuli mereka, menyetrum dengan tasers listrik", kata Amnesty mengutip pernyataan yang dikeluarkan oleh para tahanan.

"Pihak berwenang Mesir telah mendorong sejumlah tahanan di Al-Aqrab ke titik puncaknya," katanya.

"Kombinasi dari kondisi penahanan yang tidak manusiawi dan tidak manusiawi serta penolakan kunjungan keluarga dan akses ke pengacara mereka ... telah menciptakan situasi yang tak tertahankan bagi para tahanan," kata Magdalena Mughrabi, wakil kepala Timur Tengah dan Afrika Utara Amnesti.

"Dengan menolak mengizinkan tahanan melihat keluarga mereka, pihak berwenang Mesir secara terang-terangan mencemooh hukum Mesir dan internasional dan menunjukkan kekejaman yang kejam," katanya.

Dua anggota keluarga yang diwawancarai oleh Amnesty mengatakan bahwa bahkan ketika mereka memiliki otorisasi dari Kejaksaan Keamanan Negara Tertinggi untuk mengunjungi kerabat yang ditahan, otoritas penjara menolak untuk mengizinkan kunjungan untuk dilanjutkan.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia secara rutin mengatakan rezim otoriter Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi, yang mengambil alih kekuasaan setelah memimpin penggulingan militer terhadap Muhammad Mursi 2013, memberangus anggota oposisi sekuler dan Islam.

Sejak Mursi digulingkan, Sisi telah melakukan penumpasan yang berkelanjutan, menargetkan para pendukungnya dari Ikhwanul Muslimin dengan belasan ribu dipenjara dan ratusan menghadapi hukuman mati. (st/AFP)


latestnews

View Full Version