View Full Version
Kamis, 01 Aug 2019

Cina Klaim 90 Persen Muslim Uighur Telah Dibebaskan dari Kamp Pendidikan Ulang, Keluarga Tak Percaya

BEIJING, CINA (voa-islam.com) - Para pejabat Komunis Cina mengklaim pada hari Selasa (30/7/2019) bahwa mayoritas dari 1,5 juta tahanan yang ditahan di apa yang disebut "kamp pendidikan ulang" di wilayah Xinjiang barat laut Cina telah dibebaskan.

AS, organisasi hak asasi manusia dan Muslim Uighur telah menyatakan keraguan pada klaim-klaim itu.

Para pejabat Komunis Cina juga telah memerintahkan restoran di ibu kota Beijing untuk menghapus tanda-tanda Arab dan simbol-simbol Islam sebagai bagian dari upaya nasional untuk "menyadarkan" populasi Muslim negara itu.

Cina telah menahan sekitar 1,5 juta Muslim - kebanyakan dari etnis Uighur - di "kamp pendidikan ulang" yang telah diberi label "kamp konsentrasi" oleh organisasi hak asasi manusia dan advokat.

Negara tersebut mengklaim upaya-upaya itu diperlukan untuk melawan ancaman separatis dan "ekstrimis Islam" di wilayah itu, dan melabeli para tahanan sebagai "mahasiswa" yang membutuhkan "pelatihan" untuk berhasil diintegrasikan ke dalam masyarakat Tiongkok.

Alken Tuniaz, wakil ketua pemerintah Xinjiang, mengatakan bahwa "lebih dari 90 persen siswa" telah menyelesaikan "pelatihan" mereka dan telah kembali ke keluarga mereka.

"Sebagian besar telah berhasil mencapai pekerjaan," tambahnya.

Para ahli dan advokat segera meragukan klaim tersebut, dengan mengatakan tidak ada bukti pembebasan tahanan dalam skala besar.

"Cina membuat pernyataan yang menipu dan tidak dapat diverifikasi dalam upaya sia-sia untuk menghilangkan kekhawatiran di seluruh dunia atas penahanan massal orang-orang Uyghur dan anggota etnis minoritas lainnya di Xinjiang," Nicholas Bequelin, Direktur Regional Amnesty International untuk Asia Timur dan Tenggara, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Kami belum menerima laporan tentang pembebasan berskala besar - pada kenyataannya, keluarga dan teman orang yang ditahan memberi tahu kami bahwa mereka masih belum dapat menghubungi mereka."

Departemen Luar Negeri AS dan Pentagon juga mengatakan mereka "tidak dapat memverifikasi klaim yang kabur" tersebut dalam sebuah pernyataan bersama.

Skeptisisme yang sama itu diulangi oleh Kongres Uighur Dunia, sebuah kelompok yang berbasis di Jerman yang mengkampanyekan penentuan nasib sendiri Uighur, yang mengatakan klaim itu mengikuti "pola yang dapat diprediksi dari pernyataan meragukan".

Muslim Uighur di seluruh dunia turun ke media sosial menggunakan tagar # ProveThe90, menyerukan Tuniaz untuk memberi tahu mereka di mana kerabat mereka yang hilang - diduga ditahan di kamp - berada.

"Jika mereka memang dibebaskan, maka biarkan aku berbicara dengan ibuku!" kata seorang pengguna media sosial dalam sebuah tweet.

Yang lain mengatakan: "90% ?? Tunjukkan pada saya orang tua saya, # ProveThe90.! Saya sangat merindukan orang tua saya, buktikan itu pembohong!"

Departemen Luar Negeri dan Pentagon juga mendesak Cina untuk mengizinkan para pejabat PBB membuka akses ke kamp-kamp itu, dan mengizinkan umat Islam untuk bepergian dengan bebas dari Xinjiang dan Cina.

Simbol-simbol 'Islam' dihapus

Karyawan di restoran Beijing dan warung makanan yang menjual produk halal mengatakan kepada Reuters bahwa pejabat pemerintah Komunis Cina telah memberitahu mereka untuk menghapus simbol yang terkait dengan Islam dari tanda-tanda mereka.

Simbol-simbol semacam itu termasuk kata "halal" yang ditulis dalam bahasa Arab dan bulan sabit, kata mereka.

Manajer sebuah toko mie Beijing dikunjungi oleh pejabat pemerintah yang memintanya untuk menutupi kata "halal" pada papan nama tokonya, dan kemudian melihatnya melakukannya.

"Mereka mengatakan ini adalah budaya asing dan Anda harus menggunakan lebih banyak budaya Cina," katanya.

Islam - dan bahasa Arab - pertama kali datang ke Cina pada abad ketujuh.

Ibukota Cina, Beijing memiliki setidaknya 1.000 toko dan restoran halal, menurut aplikasi pengiriman makanan Meituan Dianping.

Tidak jelas apakah semua restoran seperti itu telah diberitahu untuk menutupi atau menghapus tanda mereka.

Beberapa toko yang dikunjungi oleh Reuters telah menghapus tanda-tanda "halal" berbahasa Arab dan menggantinya dengan istilah yang setara dengan bahasa Cina, sementara yang lain menutupi kata dan citra Islam lainnya dengan kaset atau stiker.

Komite pemerintah Beijing untuk urusan Etnis dan Agama mengklaim bahwa perintah itu adalah arahan nasional, meskipun cabang nasional komite tidak menanggapi permintaan komentar.

Kampanye anti-Muslim

Kampanye untuk menghilangkan tanda-tanda Arab dan simbol-simbol lain yang terkait dengan Islam menandai fase baru dalam kampanye yang sedang berlangsung untuk menekan 20 juta populasi Muslim Cina, terutama dengan Muslim Uighur di provinsi Xinjiang, untuk menyesuaikan diri dengan budaya Cina.

Kampanye tersebut telah menyaksikan pembongkaran masjid, serta penghapusan kubah masjid dan penggantiannya dengan pagoda gaya Cina, pemasangan langkah-langkah pengawasan teknologi tinggi, batas puasa selama bulan suci Ramadhan, dan larangan memakai penutup cadar dan jenggot panjang.

Sementara Cina secara resmi menjamin kebebasan beragama, pemerintah telah berusaha untuk menindak tegas ekspresi keagamaan dan membawa komunitas agama sejalan dengan doktrin Partai Komunis.

Gereja-gereja bawah tanah juga telah ditutup oleh pemerintah.

Tetapi Muslim Cina telah menuai kemarahan khusus dari negara.

Muslim Uighur dan organisasi hak asasi manusia mengatakan bahwa Muslim di Xinjiang menjadi sasaran pengawasan dan pemeriksaan ketat, dengan ratusan ribu orang ditahan karena alasan kecil selain untuk meredam ekspresi perbedaan agama dan etnis. (st/TNA)


latestnews

View Full Version