View Full Version
Kamis, 01 Aug 2019

Pejabat AS Sebut Pemerintahnya Percaya Putra Syaikh Usamah Bin Ladin, Hamza, Telah Meninggal

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Amerika Serikat percaya bahwa Hamza bin Usamah bin Ladin, putra pemimpin Al-Qaidah yang dibunuh, Syaikh Usamah bin Ladin, dan dirinya seorang tokoh penting dalam kelompok jihadis tersebut, telah tewas, kata seorang pejabat AS, Rabu (31/7/2019), lapor Reuters.

Pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim, tidak memberikan rincian lebih lanjut, termasuk kapan Hamza meninggal atau di mana.

Presiden Donald Trump sebelumnya pada hari Rabu menolak berkomentar setelah NBC News pertama kali melaporkan penilaian AS. Ditanya apakah dia memiliki informasi intelijen bahwa putra Syaikh Usamah itu telah terbunuh, Trump mengatakan kepada wartawan: "Saya tidak ingin mengomentarinya."

Secara terpisah, Gedung Putih menolak berkomentar apakah pengumuman akan segera terjadi.

Hamza, yang diyakini berusia sekitar 30 tahun, berada bersama ayahnya di Afghanistan sebelum serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat dan menghabiskan waktu bersamanya di Pakistan setelah invasi pimpinan AS ke Afghanistan mendorong banyak kepemimpinan senior Al-Qaidah di sana, menurut Brookings Institut.

Syaikh Usamah bin Ladin dibunuh oleh pasukan khusus AS yang menggerebek kompleksnya di Pakistan pada tahun 2011. Hamza dianggap berada di bawah tahanan rumah di Iran pada saat itu, dan dokumen-dokumen yang ditemukan dari kompleks tersebut mengindikasikan bahwa para ajudan telah berusaha menyatukan kembali dia dengan ayahnya.

The New York Times melaporkan bahwa Amerika Serikat memiliki peran dalam operasi yang menyebabkan kematian Hamza, yang dikatakan berlangsung dalam dua tahun terakhir. Reuters tidak dapat segera memverifikasi rincian itu.

Meski begitu, kesimpulan pemerintah AS tampaknya masih baru. Pada bulan Februari, Departemen Luar Negeri mengatakan pihaknya menawarkan hadiah hingga $ 1 juta untuk informasi yang mengarah "ke identifikasi atau lokasi di negara mana pun" dari Hamza, menyebutnya sebagai pemimpin kunci Al-Qaidah.

Diperkenalkan oleh pemimpin Al-Qaidah Syaikh Ayman al-Zawahiri dalam sebuah pesan audio pada tahun 2015, Hamza memberikan suara yang lebih muda untuk kelompok itu yang para pemimpinnya yang sudah tua berjuang untuk menginspirasi jihadis di seluruh dunia yang dibangkitkan oleh Islamic State, menurut analis.

Hamza telah menyerukan aksi jihad di ibu kota Barat dan mengancam akan membalas dendam terhadap Amerika Serikat atas pembunuhan ayahnya, Departemen Luar Negeri AS mengatakan pada 2017 ketika negara itu menetapkan dia sebagai teroris global.

Dia juga mengancam akan menargetkan Amerika di luar negeri dan mendesak kelompok-kelompok suku di Arab Saudi untuk bersatu dengan Al-Qaidah Yaman di Semenanjung Arab untuk berperang melawan Arab Saudi, katanya.

Pada bulan Maret, Arab Saudi mengumumkan telah mencabut kewarganegaraan Hamza bin Ladin, mengatakan keputusan itu dibuat oleh perintah kerajaan pada November 2018. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version