View Full Version
Selasa, 06 Aug 2019

PBB Serukan Sanksi dan Embargo Senjata Terhadap Myanmar

YANGON (voa-islam.com) - Seminggu setelah tentaranya mulai menyerbu desa-desa di negara bagian Rakhine Myanmar, membantai ribuan orang ketika mereka membakar orang hidup-hidup di rumah mereka dan memperkosa wanita dan anak-anak, kepala militer negara itu mengundang pebisnis lokal ke upacara donasi untuk mendukung kampanye berdarah mereka.

Upacara September 2017, di mana jenderal senior Min Aung Hlaing mengumpulkan lebih dari $ 1,4 juta, hanyalah satu contoh bagaimana militer Myanmar telah mengeksploitasi jaringan besar ikatan bisnis untuk mendanai "operasi brutal terhadap kelompok etnis", kata sebuah misi pencarian fakta PBB dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada hari Senin.

Dalam laporan setebal 111 halaman itu, panel tiga ahli hukum meminta masyarakat internasional untuk memutuskan semua hubungan dengan Tatmadaw, karena militer dikenal secara lokal, mendesak sanksi keuangan, embargo senjata dan boikot konsumen.

Langkah ini mengikuti laporan tahun lalu oleh misi PBB yang menyerukan agar Min Aung Hlaing dan pejabat senior militer lainnya dituntut karena genosida terkait peran mereka dalam penumpasan brutal 2017, yang memaksa lebih dari 730.000 Rohingya melarikan diri ke Bangladesh .

Militer Myanmar dengan keras membantah melakukan kesalahan dan menggambarkan tindakan mereka dalam "operasi pembersihan" yang sah dalam menanggapi serangan terhadap pos perbatasan oleh kelompok bersenjata Rohingya yang katanya adalah "teroris".

Perwakilan militer Myanmar tidak menjawab beberapa panggilan telepon untuk mengomentari laporan terbaru tersebut.[aljz/fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version