View Full Version
Jum'at, 09 Aug 2019

Aksi Protes 3 Hari Dimulai di Bandara Hong Kong

HONG KONG (voa-islam.com) - Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam mengatakan pemerintah tidak akan membuat konsesi untuk menenangkan para pengunjuk rasa, beberapa jam setelah aktivis demokrasi mulai menggelar unjukrasa tiga hari di bandara Hong Kong. Mereka berharap mendapatkan dukungan internasional dari kedatangan penumpang ketika protes itu telah mengguncang kota memasuki bulan ketiga.

"Sejauh menyangkut solusi politik, saya tidak berpikir kita harus membuat konsesi hanya untuk membungkam para pengunjuk rasa yang kejam ini; kita harus melakukan apa yang benar untuk Hong Kong ... yaitu menghentikan kekerasan sehingga kita dapat melanjutkan," Lam mengatakan kepada wartawan saat konferensi pers pada hari Jumat ini.

Komentar itu datang ketika ratusan demonstran, sebagian besar mengenakan kemeja hitam, mulai berkumpul di daerah kedatangan Bandara Chek Lap Kok sebelumnya pada hari Jumat - kedua kalinya mereka membawa pesan mereka ke pusat perjalanan internasional.

Demonstran mempromosikannya di media sosial dengan kartu pas bohongan bertuliskan "HK to freedom" dan "warm pick-up to guests to HK".

Pertama kali diluncurkan pada bulan April, protes dimulai sebagai oposisi terhadap rencana untuk memungkinkan ekstradisi ke daratan Cina, tetapi sejak itu berubah menjadi gerakan yang lebih luas yang berusaha membalikkan penurunan kebebasan di kota Hong Kong.

Langkah-langkah keamanan ekstra telah dilakukan di bandara sebelum demonstrasi terakhir, dengan pihak berwenang mencegah siapa pun tanpa boarding pass memasuki area check-in.

Aksi itu, yang diperkirakan akan berjalan selama tiga hari, belum disahkan, tetapi demonstrasi terakhir di bandara berlangsung damai tanpa menyebabkan gangguan penerbangan.

Otoritas Bandara Hong Kong sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya mengetahui aksi unjuk rasa yang direncanakan tetapi "bandara akan beroperasi secara normal".

Rob JBBride dari Al Jazeera, melaporkan dari Hong Kong, mengatakan bahwa kekhawatiran utama di antara pihak berwenang Hong Kong bukanlah protes di bandara, tetapi demonstrasi tidak sah lainnya diperkirakan terjadi di seluruh kota sepanjang hari dan akhir pekan mendatang.[aljz/fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version