View Full Version
Jum'at, 09 Aug 2019

Pertempuran di Idlib Ancam Nyawa Jutaan Warga Suriah

JENEWA (voa-islam.com) - Pertempuran terbaru di barat laut Suriah setelah runtuhnya gencatan senjata singkat mengancam " nyawa jutaan warga sipil, PBB mengatakan, memperingatkan bahwa situasi berisiko "keluar dari kendali".

Didukung oleh Rusia, pemerintah Suriah pekan ini memperbarui ofensifnya di provinsi Idlib, kubu besar yang dikuasai pejuang terakhir di negara itu.

PBB telah mengangkat alarm khusus tentang risiko dorongan besar pemerintah di wilayah itu karena Idlib pernah menjadi sebagai zona penerimaan bagi mereka yang melarikan diri dari kemajuan oleh pasukan yang setia kepada Presiden Bashar al-Assad di tempat lain di Suriah. Setengah awal dari tiga juta orang yang tinggal di sana sudah mengungsi dari bagian lain negara yang dilanda perang, dengan lebih dari satu juta adalah anak-anak.

"Gelombang kekerasan baru lagi-lagi mengancam kehidupan jutaan warga sipil yang tinggal di daerah Idlib," Najat Rochdi, penasihat kemanusiaan senior untuk utusan PBB di Suriah, mengatakan dalam sebuah pernyataan, Kamis kemarin.

"Selama ketenangan dalam pertempuran, banyak warga sipil telah kembali ke rumah mereka dan saat ini berada di daerah di mana serangan berat telah kembali menempatkan mereka pada risiko besar."

Lebih dari 500 warga sipil telah tewas dan ratusan lainnya terluka sejak meningkatnya pertempuran dimulai pada akhir April. Jumlah orang terlantar juga melonjak pada "tingkat yang mengkhawatirkan", kata Rochdi, dengan sekitar 400.000 pria, wanita dan anak-anak terpaksa mengungsi, "banyak dari mereka, melakukannya beberapa kali".

"Orang-orang ini tidak tahu ke mana harus pergi," kata Panos Moumtzis, kepala kemanusiaan PBB untuk Suriah, mengatakan setelah pertemuan di Jenewa yang mencakup utusan dari Rusia, yang dilaporkan telah memukul Idlib selatan dengan serangan udara minggu ini.

"Kepanikan total telah kembali lagi," kata Moumtzis. "Ini seperti bermain dengan api saat ini dan kami khawatir hal itu akan lepas kendali."

Kemungkinan ada hingga 900.000 perpindahan tetapi tidak ada rencana untuk mengelola serangan yang mempengaruhi seluruh populasi Idlib, kata Moumtzis.

"Apa rencana untuk tiga juta orang di sana?" dia berkata. "Itu pertanyaan yang belum kami jawab".[aljz/fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version