View Full Version
Jum'at, 09 Aug 2019

2,5 Juta Muslim dari Seluruh Dunia Telah Memulai Rangkaian Ibadah Haji

MEKAH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Umat Muslim dari seluruh dunia yang berkumpul di kota suci Mekah di Arab Saudi telah memulai rangkaian ibadah haji tahun ini.

Menurut media setempat, sekitar 2,5 juta orang beriman berpartisipasi dalam haji tahunan, yang dimulai pada hari Jum'at (9/8/2019).

Setiap Muslim yang mampu secara fisik dan finansial, pria atau wanita, diwajibkan untuk melaksanakan ibadah haji setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka.

'Perasaan yang tak terlukiskan'

"Itu adalah perasaan yang tak terlukiskan. Anda harus menjalaninya untuk memahaminya," kata seorang jamaah Aljazair yang menggambarkan pertama kalinya ia mengambil bagian dalam perjalanan spiritual tersebut

"Ini adalah kesempatan dan momen emas," kata istrinya.

Pertemuan ini juga dilihat sebagai simbol persatuan Muslim, dengan semua peserta diminta untuk mengenakan pakaian yang sederhana dan identik selama prosesi.

Pakaian itu terdiri dari pakaian putih mulus dua potong untuk pria, dan gaun longgar untuk wanita.

Para ulama Muslim telah menunjukkan bahwa pakaian sederhana, bersama dengan aspek-aspek lain dari ibadah haji, dimaksudkan untuk mengekspresikan persatuan dan kerendahan hati umat Islam - umat Muslim secara keseluruhan - kepada Allah Subhanahu Wata'ala. (st/ptv)


latestnews

View Full Version