View Full Version
Rabu, 14 Aug 2019

"Pemantik" Konflik Kashmir dan Sikap Dua Negara

JAKARTA (voa-islam.com)- Pakar Asia Selatan, Agung Nurwijoyo mengatakan bahwa apa yang tengah terjadi pada Kashmir tidak lepas dari sikap atau pengaruh pemimpin/pemerintahan India sekarang. Terlebih terkait pernyataan pemerintah India yang menyangkut rasa nasionalis dan latar belakang agama.

Saya rasa cukup memberikan pengaruh dengan kepemimpinan saat ini. Apalagi terkait ideologi dan lainnya,” kata dia, Selasa (14/8/2019), di Jakarta.

Selain itu, histori mereka (antara India dan Pakistan) juga ikut memengaruhi kejadian saat ini. Yakni konflik yang berkepanjangan.

“Adalah juga karena sejak lahir, mereka hadir sebab konflik,” tambahnya.

Tentu diharapkan ada jalan keluar untuk mengatasi masalah Kashmir ini. Opsinya, kata dia, kalau tidak bisa tercipta, maka kembalikam ke status quo-nya atau referendum. 

Namun demikian ia tampak agak pesimis. Sebab, selama 70 tahun referendum yang diperintahkan PBB hingga saat ini tidak jalan. 

Tapi untuk peluang diakuinya ada demikian. Hanya saja ia melihat kondisi yang sudah lama terjadi tampak diharapkan oleh kedua negara.

Misalkan saja kedua belah pihak membagi “kuasa” secara administrasi (ekonomi). Yakni 2/3 milik India (administratif), 1/3 Pakistan, di Utara milik Cina.

“Kita berharap perdamaian segera tercipta,” tutupnya harap.

(Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version