View Full Version
Sabtu, 17 Aug 2019

Milisi Separatis Selatan Yaman Mundur dari Posisi-posisi Penting di Kota Aden

ADEN, YAMAN (voa-islam.com) - Dewan Transisi Selatan Yaman hari Sabtu (17/8/2019) pagi mundur dari posisi-posisi penting yang direbutnya di kota Aden pekan lalu, kata Koalisi Arab, Sabtu.

Sumber-sumber mengkonfirmasi kepada Al Arabiya bahwa posisi-posisi ini termasuk Rumah Sakit Aden, bank sentral, dan beberapa bangunan pemerintah.

Sumber tersebut menambahkan bahwa pos-pos ini diserahkan kepada brigade kepresidenan Yaman.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu, Koalisi Arab memuji pasukan pemerintah dan STC karena mematuhi seruan mereka untuk gencatan senjata segera, di mana mereka mendesak semua pihak untuk mundur dari wilayah yang direbut.

"(Koalisi) memuji tanggapan dewan transisi terhadap seruan Kerajaan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab untuk gencatan senjata ... memprioritaskan kepentingan rakyat Yaman agar tidak melukai mereka atau merusak properti publik dan pribadi dengan mulai hari ini untuk menarik pasukan dan elemen tempurnya dan kembali ke posisi mereka sebelumnya sebelum kejadian baru-baru ini, dan menyerahkan markas besar pemerintah Yaman di bawah pengawasan koalisi, ”bunyi pernyataan itu.

Ini juga memuji "tanggapan pemerintah Yaman terhadap seruan untuk menahan diri selama krisis, memprioritaskan kepentingan rakyat Yaman dan pelestarian hasil koalisi yang mendukung legitimasi di Yaman untuk memulihkan negara dan lembaga-lembaganya."

Pertempuran antara pasukan pro-pemerintah dan separatis di kota kedua Yaman Aden menewaskan sekitar 40 orang dan melukai 260 lainnya termasuk warga sipil, kata PBB, Ahad.

Pemerintah Yaman telah mengesampingkan pembicaraan dengan STC sampai kelompok separatis itu menarik diri dari posisi yang direbutnya. (st/Aby)


latestnews

View Full Version