View Full Version
Kamis, 22 Aug 2019

Suriah Klaim Buka Koridor Kemanusiaan Bagi Warga Sipil yang Melarikan Diri dari Idlib

DAMASKUS (voa-islam.com) - Kementerian Luar Negeri Suriah mengatakan akan membuka "koridor kemanusiaan" bagi warga sipil untuk meninggalkan wilayah barat laut Idlib dan Hama utara yang dikuasai pejuang oposisi, di mana miiter telah bergerak maju melawan para pejuang bersenjata dengan serangan udara dan darat yang sengit.

Kementerian dalam sebuah pernyataan yang dilakukan oleh kantor berita Sana pada hari Kamis ini mengatakan bahwa koridor itu dibuka di desa Soran di tepi selatan daerah yang dikuasai pejuang, yang dikepung pasukan Suriah pada hari sebelumnya.

"Koridor itu akan digunakan untuk mengevakuasi warga sipil yang ingin meninggalkan daerah-daerah yang dikuasai oleh teroris di Hama utara dan pedesaan selatan provinsi Idlib," tambah pernyataan itu.

Daerah yang dikepung adalah rumah bagi puluhan ribu warga sipil, serta pejuang oposisi bersenjata dan pasukan Turki.

Pejuang oposisi mengundurkan diri dari kota utama di Idlib pada hari Selasa di tengah serangan pemerintah yang diluncurkan pada akhir April untuk merebut kembali markas besar oposisi utama negara itu.

Penarikan dari Khan Sheikhoun, salah satu kota terbesar di provinsi barat laut yang telah berada di tangan pejuang oposisi sejak 2014, terjadi setelah berhari-hari pertempuran sengit antara faksi pejuang dengan pasukan yang didukung Rusia yang loyal kepada Presiden Bashar al-Assad.[aljz/fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version